Oleh Sahlan Ake pada hari Minggu, 15 Des 2019 - 20:33:56 WIB
Bagikan Berita ini :

Lima Nama Ini Panaskan Bursa Caketum PPP

tscom_news_photo_1576416836.jpeg
Wasekjen Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Achmad Baidowi (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Lima nama politisi PPP memanaskan bursa calon ketua umum (caketum) yang digadang-gadang maju pada muktamar tahun depan.

Wasekjen Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Achmad Baidowi (Awiek) membeberkan lima nama tersebut. Yakni plt Ketum Suharso Monoarfa, Sekjen Arsul Sani, Ahmad Muqowam, Ketua Fraksi DPR RI Amir Uskara, serta anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Mardiono.

"Adapun nama-nama yang muncul berdasarkan aspirasi dari sejumlah teman-teman DPW, tetapi apakah nanti benar-benar mencalonkan, ya kita tidak tahu," kata Awiek di Hotel Grand Sahid, Minggu (15/12/2019).

Terkait usulan pencalonan Mardiono, kata Awiek, bakal tergantung pada keputusan yang bersangkutan. Pasalnya, sebagai anggota Wantimpres ada syarat untuk tidak boleh rangkap jabatan.

Mardiono sendiri diketahui telah nonaktif dari jabatannya sebagai Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP PPP sebelum dilantik menjadi anggota Wantimpres.

"Apakah beliau tetap di Wantimpres atau maju menjadi ketum, ya, tergantung beliau," ucap Awiek.

Disampaikan Awiek, ada sejumlah syarat yang mesti dipenuhi untuk menjadi caketum. Hal itu, lanjutnya, sesuai dengan AD/ART dari partai berlambang kabah tersebut.

"Pertama sesuai AD/ART bahwa yang mutlak itu beliau pernah menjadi pengurus DPP satu periode, atau menjadi pengurus DPW satu periode, jadi jenjang kaderisasinya jelas," ujarnya.

Lebih lanjut, Awiek menuturkan terkait mekanisme pemilihan ketum, nantinya bakal menunggu keputusan dalam Muktamar. Sebab, kata Awiek, PPP kerap menggunakan mekanisme yang berbeda dalam memilih ketum.

"Ada yang melalui pemilihan, ada yang melalui formatur, ada yang aklamasi, tergantung dinamika peserta muktamar," tuturnya.

Sebelumnya, Mukernas V PPP memutuskan penyelenggaran Muktamar untuk memilih ketua umum baru akan dipercepat usai gelaran Pilkada 2020.(plt)

tag: #ppp  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement