Oleh pamudji pada hari Senin, 16 Des 2019 - 14:36:29 WIB
Bagikan Berita ini :

Jokowi Kesal, di Eranya Tak Ada Pembangunan Kilang Minyak

tscom_news_photo_1576481789.jpeg
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Presiden Joko Widodo (Jokowi) kesal karena dalam rentang waktu 34 tahun, Indonesia tidak membangun kilang minyak. Bahkan, perintahnya untuk membangun lima kilang pada era pertama kepemimpinannya, tidak jalan.

"Sebetulnya, saat pelantikan, habis pelantikan yang (periode) pertama, saya minta kilang ini segera dibangun. Tapi sampai detik ini dari lima (kilang) yang ingin kita kerjakan satu pun enggak ada yang berjalan. Satu pun," ujar Jokowi saat memberi sambutan dalam Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020 - 2024, di Istana Negara, Jakarta, Senin (16/12).

Jokowi pun menyebut keuntungan jika Indonesia bisa membangun kilang minyak. Hal ini karena banyak komoditi komoditi turunan yang bisa dihasilkan. Ia menyebut salah satunya adalah petrokimia yang nantinya tidak perlu impor. Selama ini, nilai impor petrokimia Rp323 triliun per tahun.

Oleh karena itu, Jokowi mengaku sudah memerintahkan Kapolri Jenderal Idham Azis, Jaksa Agung ST Burhanuddin, serta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengawasi pembangunan kilang minyak.

"Harus rampung, pekerjaan besar ini harus rampung," terang Jokowi.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu sudah tak mau hanya dijanjikan soal pembangunan kilang minyak. Selama ini, kata Jokowi, dirinya dijanjikan 2 sampai 3 tahun selesai. Sayangnya, sampai detik ini hasilnya masih nihil.

"Ini ada yang memang menghendaki kita impor terus. Ini yang namanya transformasi ekonomi," tuturnya.

Jokowi lantas meminta pemerintah daerah ikut mendukung rencana pembangunan kilang minyak tersebut.

"Kalau masih ada problem pembebasan lahan, daerah dukung penuh, masalah perizinan daerah ikut campur, cawe-cawe agar selesai, yang kita harapkan itu," katanya.(plt)

tag: #jokowi  #bbm  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement