Bisnis

Sri Mulyani Waspadai Pemakzulan Trump Terhadap Ekonomi Indonesia

Oleh Ahmad Syaikh pada hari Kamis, 19 Des 2019 - 15:40:00 WIB

Bagikan Berita ini :

tscom_news_photo_1576744800.jpg

Menteri Keuangan Sri Mulyani (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan Indonesia harus mewaspadai pemakzulan Presiden AS Donald Trump oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) AS karena berpotensi memiliki dampak terhadap perekonomian Indonesia.

“Itu menimbulkan confidence melemah dari pelaku ekonomi sehingga mempengaruhi kesehatan perekonomian AS. Kita perlu mewaspadai dinamika ini,” katanya di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (19/12/2019).

Menkeu megatakan pemakzulan tersebut merupakan sebuah dinamika politik yang akan berpengaruh terhadap sektor perekonomiannya sehingga juga memiliki efek untuk negara-negara lain termasuk Indonesia.

“Sebagai negara ekonomi terbesar di dunia tentu ini memberikan pengaruh dari sisi confidence ekonomi AS ke depan apakah situasi ini masih akan berlanjut hingga pemilihan 2020,” pesannya.

Di sisi lain, menurut Sri Mulyani Indonesia harus tetap menghargai terkait keputusan pemakzulan terhadap Trump sebab hal itu merupakan sebuah dinamika dan proses politik dari sebuah negara.

“Bagi kita itu kalau dari sisi politik adalah dinamika dan proses dari negara sehingga kita hormati saja. Tapi kita tetap mewaspadai pengaruhnya yang akan merembes ke ekonomi kita,” tegasnya.

Seperti diketahui, Presiden Amerika Serikat Donald Trump dimakzulkan (impeached) oleh DPR AS lewat voting pada Rabu sore waktu setempat, atau Kamis (19/12/2019) waktu Indonesia.

Pemakzulan Donald Trump memang bukan berarti ia langsung bakal lengser dari kursi presiden. Karena pemakzulan adalah membawa dakwaan kepada pemerintah atas dugaan kejahatan.

Trump dinilai telah menyalahgunakan kekuasaan dan menghambat proses hukum.

Dengan pemakzulan ini, Trump menjadi presiden ketiga AS yang dimakzulkan setelah Andrew Johson dan Bill Clinton.(ahm)

tag: #sri-mulyani  #donald-trump  
Advertisement

Bagikan Berita ini :

Aplikasi TeropongSenayan.com

Advertisement

JakOne Samsat

Advertisement