Oleh Dheti pada hari Rabu, 08 Jan 2020 - 22:14:26 WIB
Bagikan Berita ini :

Yang Suka Selfie? Coba Tempat Baru Berikut ini ya

tscom_news_photo_1578496466.jpeg
Para Seniman asal Institute Kesenian Jakarta sedang melakukan sedang melakukan Restorasi di gedung MPR/DPR tepatnya di Nusantara II yang bertujuan untuk melindungi cagar budaya peninggalan Bung Karno. (Sumber foto : Dokumentasi Teropongsenayan, Dheti Meiga)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Kini akan hadir tempat selfie atau swa foto baru di komplek gedung wakil rakyat di Senayan. Beberapa seniman asal Institut Kesenian Jakarta (IKJ) sedang melakukan Restorasi di gedung MPR/DPR tepatnya di Nusantara II yang bertujuan untuk melindungi cagar budaya peninggalan Bung Karno.

“Tujuannya untuk disamping melindungi cagar budaya, karena inikan peninggalan Bung Karno juga, sejarahnya juga kuat dengan parlemen maupun persatuan Indonesia pada zaman revolusi maupun reformasi saat ini.” Kata Bapak Sihan fainter salah satu seniman IKJ yang sedang melakukan restorasi di gedung MPR/DPR (8/1/2020)

Para seniman IKJ itu melukis dinding Nusantara II dengan bentuk segitiga abstrak yang memiliki filosofi rangkaian rantai yang nyambung menyambung menjadi satu, kebinekaan, pancasila, NKRI yang menyatu saling berkaitan, pemilihan gambar ini diambil dari penyelengaraan Ganefo pada era Bung Karno atau sekarang yang disebut asian games.

“Memilih gambar ini dari penyelenggaran Ganefo atau sekarang disebutnya Asian Game, semangat Ganefo itu dituangkan oleh Bung Karno melalui tulisan dinding ini, yaitu relevansinya persatuan NKRI jadi lukisan ini abstrak. Tapi visualisasinya adalah rangkaian rantai yang sambung menyambung menjadi satu, kebinekaan, pancasila, NKRInya, jadi semuanya menyatu dalam semangat lukisan dinding ini,” Jelasnya.

Seniman ini tidak diberi upah sepersenpun untuk melakukan mural ini, hanya saja material semuanya disiapkan oleh Biro BMN (Barang Milik Negara) dengan anggaran kurang lebih 70 jutaan.

Mereka mulai melukis tgl 26 desember 2019 dan sebenarnya target penyelesaiannya tgl 6 januari 2020, namun dikarenakan cuaca ekstrim kelembapan udaranya juga jadi mempengaruhi dikarenakan dindingnya lembap, udaranyapun juga lembap jadi keringnya cetnya menjadi lama. Namun mereka akan menyelesaikan ini semua sebelum paripurna. (Al)

tag: #dpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Lainnya
Ragam

Gempa Berkekuatan Magnitudo 6,8 Guncang Maluku Utara

Oleh Tommy
pada hari Jumat, 05 Jun 2020
MALUKU UTARA (TEROPONGSENAYAN)-Gempa berkekuatan Magnitudo 6,8 mengguncang Maluku Utara Kamis (4/6) dan mengakibatkan 128 rumah rusak. Rincian 99 unit rumah rusak ringan (RR), 18 unit rumah ...
Ragam

DPR Tunda Pembahasan Koperasi dan Riset RUU Cipta Kerja

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Badan Legislasi (Baleg) DPR dan Pemerintah sepakat untuk menunda pembahasan daftar inventarisasi masalah (DIM) RUU Cipta Kerja terkait isu perkoperasian. Ketua Baleg ...