Bisnis
Oleh Sahlan Ake pada hari Senin, 25 Mei 2015 - 16:39:22 WIB
Bagikan Berita ini :

Hipmi Berharap Tax Amnesty Dapat Diterima Semua Pihak

81tscom-pengurushipmi-bara-25515.jpg
Pengurus BPP Hipmi 2015-2018 (Sumber foto : Bara Ilyasa/teropongsenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Ketua Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Perbangkan BPP Hipmi Irfan Anwar berharap semua pihak menerima kebijakan tax amnesty meski menimbulkan pro dan kontra. Pasalnya, tax amnesty lebih banyak manfaatnya daripada mudaratnya.

"Sekarang kita pilih, tidak ada tax amnesty tapi dana orang Indonesia yang diparkir di luar negeri sekitar Rp3000 triliun itu dinikmati negara lain yang malah menerapkan tax haven," kata Irfan saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi XI DPR, Senin (25/5/2015).

Irfan memaparkan, kebijakan sejenis yang pernah diluncurkan Pemerintah sunset policy pada tahun 2008 telah sukses menambah jumlah NPWP baru sebanyak 5.653.128 NPWP (nomor pajak wajib pajak), 804.814 SPT, dan bertambahnya penerimaan PPh sebesar Rp7,46 triliun. Jumlah NPWP orang pribadi 15,07 juta.

Irfan mengatakan, apabila tax amnesty diterapkan, maka sistem keuangan nasional akan kebanjiran likuiditas sehingga baik swasta maupun negara takkan kesusahan untuk mencari sumber pendanaan untuk menggerakkan perekonomian.

Tak hanya itu, orang-orang kaya akan mengapresiasi kembali nilai-nilai aset dimilikinya seperti tanah dan bangunan. "Sebab selama ini banyak pengusaha menghindari pajak lebih dari 25 persen dengan tidak melakukan apresiasi dan validasi atas nilai asetnya," ungkapnya.

Dengan kebijakan tax amnesty, para pengusaha yang memiliki cadangan aset tanah akan mau memakai harga atau evaluasi baru sesuai harga pasar kemudian dikenai pajak. Hipmi menilai, kebijakan tax amnesty itu juga akan memperkuat cadangan devisa sehingga ekonomi nasional tak mudah lagi terombang-ombing oleh pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.

"Rupiah stabil, industri melejit, ekonomi bisa tumbuh dengan cepat," tandasnya.(

tag: #Tax Amnesty  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement