Oleh Tommy P pada hari Rabu, 05 Feb 2020 - 14:44:11 WIB
Bagikan Berita ini :

Penghentian Impor Bisa Ganggu Hubungan Indonesia-Tiongkok

tscom_news_photo_1580888651.jpg
(Sumber foto : istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia Xiao Qian,menilai rencana penghentian impor beberapa jenis produk menyusul eskalasi penyebaran wabah virus corona di Tiongkok akan berdampak negatif bagi hubungan perdagangan kedua negara.

“Tindakan itu merugikan hubungan dagang antara kedua negara dan juga akan memberikan dampak negatif kepada hubungan kedua negara,” kata Xiao Qian, dalam jumpa pers yang digelar di kediaman resminya di Jakarta, Selasa (4/2).

Dia mengaku prihatin terhadap rencana pemerintah Indonesia tersebut karena menurut dia, apabila dilakukan, tindakan tersebut dapat berdampak buruk bagi hubungan kedua negara.

Xiao memastikan hingga saat ini, belum ada bukti bahwa virus corona bisa ditularkan melalui barang-barang impor.

“Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sudah menyatakan bahwa mereka tidak setuju terhadap tindakan pembatasan perdagangan ke arah Tiongkok,” kata Xiao, merujuk pada pernyataan Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus. WHO menyatakan tidak ada alasan untuk mengintervensi perdagangan dan perjalanan internasional terkait virus corona.

Oleh sebab itu, Xiao berharap agar Indonesia bisa menimbang saran dari WHO dan tidak mengambil tindakan yang dianggap dapat memberikan dampak negatif bagi hubungan kedua negara, terlebih mengingat Indonesia dan Tiongkok sahabat yang memiliki hubungan baik.

“Kami berharap pihak Indonesia bisa memandang wabah ini dan memandang pencegahan dan penanggulangan secara objektif, rasional, dan ilmiah dan mengambil tindakan pencegahan yang rasional, bukan yangoverreactsupaya menghindari gangguan terhadap hubungan kedua negara dan kerja sama,” papar dia.

Sebelumnya, pemerintah Indonesia berencana menghentikan sementara impor dari Tiongkok terkait beberapa produk yang berpotensi membawa virus corona.

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement