Oleh Aries Kelana pada hari Kamis, 19 Mar 2020 - 19:56:28 WIB
Bagikan Berita ini :

Masker Langka di Dalam Negeri, Stop Ekspor

tscom_news_photo_1584622588.jpg
(Sumber foto : istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) – Keluhan masyarakat mengenai kelangkaan masker di dalam negeri diharapkan tidak terjadi lagi. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar kebutuhan alat-alat kesehatan tersedia saat wabah COVID-19 mewabah di Indonesia. Terutama, masker dan hand sanitizer. "Kita untuk ekspor masker dan alat kesehatan yang diperlukan lebih baik disetop terlebih dahulu," ujar Jokowi pada teleconference, Jakarta, Kamis (19/3/2020).

Itu ditindaklanjutiMenteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto dengan mengeluarkan Peraturan Mendag Nomor 23 Tahun 2020 tentang Larangan Sementara Ekspor Antiseptik, Bahan Baku Masker, Alat Pelindung Diri (APD), dan Masker.

Dirjen Peraturan Perundang-undangan Kemenkumham, Widodo Ekatjahjana, adalah yang mengundangkan Permendag tersebut.

Pelarangan ekspor itu berlaku sampai akhir Juni 2020. Diperkirakan pada bulan ini kasus COVID-19 sudah mereda.

Menurut Mendag Agus Suparmanto, kebijakan ini diberlakukan menyusul penetapan status virus corona (COVID-19), yang diperkirakan masih akan terus meluas. "Jadi, kami ingin menjaga situasi saat ini dengan memastikan stok barang terpenuhi,” katanya.

Pihaknya juga meminta produsen agar meningkatkan produksinya sampai kapasitas produksi maksimal. Produsen APD dan hand sanitizer juga diminta meningkatkan produksinya.

Sejauh ini, kelangkaan masker terjadi karena banyak produsen masker di Indonesia membuatnya untuk keperluan ekspor. Maklum, pada Februari banyak permintaan masker dari luar negeri, termasuk dari Cina. Ketika itu, belum dilaporkan adanya COVID-19 di sini.

Menurut catatan Badan Pusat Statistik (BPS) memang terjadi kenaikan ekspor pada bulan lalu. Tak cuma masker tetapi juga beebrapa ekspor non migas lainnya.

“Untuk kenaikan barang tekstil lainnya dengan kode HS63 ini di antaranya masker, di antaranya komoditas masker masuk sini,” Kata Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Yunita Rusanti

Ekspor komoditas barang tekstil lainnya pada Februari 2020 mengalami peningkatan sebesar US$72 juta. Sedangkan ekspor bahan bakar minyak juga melonjak US$62,4 juta.

tag: #masker  #corona  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Advertisement
Top Up Jackcard Kamu Dengan JakOne Mobile
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Lainnya
Bisnis

PT Jasa Armada Gelar Kerjasama dengan DPC INSA Cirebon

Oleh windarto
pada hari Senin, 28 Sep 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - PT Jasa Armada Indonesia Tbk (IPCM) dan Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Indonesian National Shipowners’ Association (INSA) Cirebon pada 25 September menandatangani ...
Bisnis

Jasa Raharja Gelar Rapid Test untuk Sopir dan Kondektur

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Jasa Raharja kembali memberi pelayanan ekstra kepada masyarakat. Sabtu (26/9), Jasa Raharja Cabang Jambi kembali mengadakan Pelayanan Kesehatan Gratis kepada masyarakat. ...