Oleh Aries Kelana pada hari Sabtu, 28 Mar 2020 - 12:09:38 WIB
Bagikan Berita ini :

Donald Trump Gunakan UU Produksi Pertahanan Agar GM Mau Bikin Ventilator

tscom_news_photo_1585372613.jpg
General Motors (Sumber foto : istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) – General Motors (GM) selama ini dikenal sebagai produsen mesin pesawat terbang dan kendaraan bermotor. Tapi ketika kasus COVID-19 sudah melewati angka 100.000 kasus di Amerika Serikat (AS), GM terpaksa produksi ventilator pula.

GM melakukan itu setelah adanya permintaan dari Presiden AS Donald Trump. Ia meminta perusahaan itu segera memenuhi permintaannya. Trump terpaksa menggunakan Undang-undang Produksi Pertahanan untuk menekan GM.

Undang-undang tersebut memberikan kekuasaan kepada presiden untuk memperluas produksi industri dari setiap bahan atau produk utama untuk keamanan nasional dan alasan lainnya.

UU tadi digunakan karena jumlah pasien COVID-19 di negeri Paman Sam sudah mencapai lebih dari 104.000 dengan angka kematian 1.700 orang. Sedangkan yang sembuh lebih dari 2.500 orang.

Selain itu Trump terpaksa melakukannya karena dalam negoisasi produsen mobil terbesar AS tersebut dianggap “membuang-buang waktu”. Dalam negosiasi itu, hanya bilang bahwa pihaknya akan membuat ventilator dalam beberapa minggu mendatang.

"Saya tidak membahasnya dengan pandangan yang baik," Trump mengatakan pada konferensi pers mengenai perundingannya dengan GM.

Itu ditimpali Penasihat Gedung Putih Peter Navarro dengan mengatakan bahwa mengalami "hambatan" dalam negoisasi dengan GM minggu ini.

Trump geram karena sebelumnya GM menutup pabriknya di Ohio beberapa bulan lalu yang dinilainya bermuatan politik. Ia juga mengkritik GM yang akan membangun pabrik di luar AS.

Menanggapi tudingan Gedung Putih, pihak GM membela diri. Dalam suatu pernyataan, pihaknya telah menggandeng perusahaan ventilator Ventec Life Systems dan pemasok GM lain. Komitmennya untuk membuat ventilator tak pernah goyah.

“(Kami) sepanjang waktu selama lebih dari seminggu untuk memenuhi kebutuhan mendesak ini” bunyi pernyataan dari GM.

tag: #general-motors  #corona  #amerika-serikat  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...