Oleh Sahlan Ake pada hari Sabtu, 11 Apr 2020 - 11:50:26 WIB
Bagikan Berita ini :

DPR Desak Pemerintah Segera Jalankan Program Penyelamatan Peternak Ayam

tscom_news_photo_1586580626.jpg
Singgih Januratmoko anggota DPR Fraksi Golkar (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Umum Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (Pinsar) Singgih Januratmoko mengungkapkan program penyelamatan peternak ayam belum berjalan baik oleh pemerintah. Hal ini mengakibatkan banyak pengusaha ayam yang akan guling tikar, karena harga produksi mereka lebih tinggi ketimbang harga jual.

"Program untuk menyelamatkan peternak belum berjalan secara baik. Dari rapat tanggal 4 April," kata Singgih saat dihubungi, Sabtu (11/4/2020).

Ia menyampaikan program-program yang belum dijalankan secara baik oleh pemerintah untuk menyelamatkan para peternak akibat dampak Covid-19.

"Program supaya integrator besar yang mempunyai pabrik pakan tidak berjualan ayam hidup kecualidi RPHU banyak di langgar. Pemerintah tidak berdaya di hadapan pengusaha besar," kata ia.

Anggota DPR Fraksi Partai Golkar ini pun menyampaikan bahwa program BUMN untuk menyerap ayam ke peternak mandiri dan UMKM belum berjalan. Hal ini juga sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan pengusaha ayam.

"Program daging PKH dan kartu sembako sudah jalan tapi belum maksimal. Mohon Kemensos dan Kemenko lebih optimal lagi," kata Singgih.

Selain itu, kata ia, kemudahan kredit baru dan rekstrurisasi kredit UMKM belum berjalan. Singgih berharap program yang belum berjalan ini segera dijalankan demi menyelamatkan para peternak ayam.

Singgih juga mengusulkan agar para integrator besar tidak berjualan ayam hidup kecuali ke RPHU-nya di perpanjang hingga satu bulan.

"Ini bisa menjadi role model uji nyali pemerintah keberanian menghadapi integrator besar. Karena mereka melanggar UU dan PP tentang kesmavet," tegasnya.

tag: #corona  #virus-corona  #pengusaha-ayam  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement