Oleh Rihad pada hari Sabtu, 23 Mei 2020 - 19:21:26 WIB
Bagikan Berita ini :

Produksi Turun 70 Persen, PT USG Ungaran Berikan THR 100 Persen

tscom_news_photo_1590236033.jpg
Suasana pemberian bantuan PT USG (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Meski di tengah pandemi Covid-19, PT Ungaran Sari Garment (USG) tetap memperhatikan nasib karyawan. Perusahaan ini tetap memberi THR 100 persen kepada karyawan. “Saat ini produksi perusahaan jauh berkurang hanya 30 persen. Karyawan yang kita pekerjakan juga disesuaikan kebutuhan yakni sekitar 30 persen. Sebanyak 60 persen karyawan dirumahkan, namun pihak manajemen tetap memperhatikan hak karyawan,” ujar manajer HRD Cipto Santosa.

Sesuai anjuran pemerintah, manajemen pun tetap memberikan tunjangan hari raya (THR) kepada karyawan. Bahkan, THR diberikan 100 persen gaji kepada seluruh karyawan, meski mereka dirumahkan dan kondisi perusahaan sedang tidak baik.

“Karyawan merupakan aset besar bagi perusahaan, kondisi apapun perusahaan tetap memperhatikan hak karyawan. Perusahaan tahu pada masa pandemi Covid-19 ini pendapatan karyawan terutama mereka yang dirumahkan turun,” tandas Cipto.

Di hadapan Bupati serta Muspika Pringapus, Cipto Santosa memaparkan bila PT USG memiliki lebih dari 15.000 orang karyawan. Mereka beraktivitas pada pabrik yang berlokasi di Ungaran, Congol, dan Pringapus.

Diantara keberhasilan manajemen perusahaan dalam menjaga stabilitas usaha, lanjut dia, tidak terlepas dari empat pilar yang senantiasa dijaga sejak perusahaan ini didirikan 1975.

“Diantara empat pilar tersebut senantiasa membuat produk berkualitas baik untuk menjaga kepercayaan pembeli yang rata-rata produksinya diekspor ke Amerika. Karena itu untuk mencapai kualitas tersebut perusahaan menempatkan karyawan PT USG sebagai aset utama,” jelasnya.

Perusahaan juga memberi 2.500 paket dan 31 wastafel portable secara simbolis kepada masyarakat lingkungan perusahaan yang diterima Bupati Semarang H Mundjirin di aula Kecamatan Pringapus, Rabu (20/5/2020).

Pembagian sembako, merupakan bukti perhatian PT USG terhadap masyarakat sekitar perusahaan yang membutuhkan bantuan akibat terdampak pandemi Covid-19. Tidak hanya masyarakat, karyawan juga mendapatkan bantuan sembako.

“Kami juga bagikan ke panti asuhan dan panti jompo dan titik-titik lain yang membutuhkan. Wujud partisipasi perusahaan dalam membantu meringankan beban masyarakat dan semua pihak yang terdampak,” tambahnya.

Selain sembako, PT USG juga membagikan 31 wastafel portable yang dibagikan di sejumlah tempat umum di Ungaran, Bergas, dan Pringapus,

“Diharapkan bisa mengedukasi masyarakat untuk rajin mencuci tangan dengan sabun dan menjaga kebersihan. Wastafel ini bisa dipindah-pindah (portable) hingga dapat digunakan jangka panjang,” tandasnya.

Bupati Semarang Mundjirin saat menerima bantuan secara simbolis mengatakan, berterima kasih atas peran serta kepedulian PT USG membantu pemerintah melakukan penanganan Covid-19..

“Saya berterima kasih dan bersyukur masih ada perusahaan yang peduli dengan masyarakat. Saya berpesan, bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” ujar Bupati Mundjirin.

Ketua Serikat Pekerja PT USG, Nurdin Makruf mengatakan karyawan merasa senang perusahaan tetap berkomitmen terhadap karyawan. Meski kondisi perekonomian buruk perusahaan tetap memperhatikan hak karyawan.

“Hal itu dilakukan untuk menjaga karyawan agar tetap ada rasa memiliki terhadap perusahaan. Itulah salah satu kekuatan yang dimiliki PT USG. Karyawan sangat senang. Kami sebagai serikat pekerja selalu diajak diskusi oleh perusahaan untuk menentukan kebijakan-kebijakan,” ujar Sekretaris Serikat Pekerja Nasional (SPN) Kabupaten Semarang ini.

tag: #thr  #idul-fitri  #corona  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement