Oleh Sarman Simanjorang, Ketua Umum DPD HIPPI DKI Jakarta pada hari Senin, 22 Jun 2020 - 07:53:10 WIB
Bagikan Berita ini :

493 Tahun Kota Jakarta, Fokus Pulihkan Perekonomian

tscom_news_photo_1592787190.jpg
(Sumber foto : dok: istimewa)

Kota Jakarta pada tanggal 22 Juni 2020 berulang tahun yang ke 493 tahun. Berkaca pada perayaan ulang tahun sebelumnya selalu diwarnai berbagai kegiatan yang meriah baik yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta maupun warga Jakarta. Namun tahun ini ditengah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi, perayaan HUT nyaris tanpa keramaian dan kemeriahan karena harus menerapkan protokol kesehatan ditengah pandemi covid yang masih mengancam warga Jakarta.

Kita pelaku usaha mendukung penuh kebijakan Pemerintah perayaan HUT Jakarta tahun ini dilaksanakan sangat sederhana tanpa keramaian untuk menghindari terjadinya penyebaran virus covid 19. Pengusaha sudah sangat lelah dan hampir frustasi karena sudah tiga bulan lebih aktivitas perekonomian ditutup yang menyebabkan cashflow pengusaha terpuruk.

Kita ingin PSBB Transisi ini sukses sehingga curva penyebaran semakin menurun sehingga kita dihantui dengan penyebaran gelombang kedua yang lagi-lagi akan menghentikan aktivitas bisnis.

Pelaku usaha berharap ulang tahun ke 493 tahun Kota Jakarta tahun ini dapat dijadikan momentum untuk bangkit dari berbagai keterpurukan akibat covid 19 ini, khususnya memulihkan perekonomian. Disamping fokus menghadapai Covid 19, kita juga harus fokus memulihkan perekonomian Jakarta agar pekerja yang dirumahkan dapat bekerja kembali dan yang sudah di PHK terbuka mendapat pekerjaan baru, mengingat selama covid 19 ini hampir 500 ribu pekerja yang terkena PHK maupun dirumahkan.

Untuk itu pelaku usaha berharap agar Pemprov DKI Jakarta dapat menciptakan iklim usaha yang kondusif dan bergairah dengan regulasi dan kebijakan yang mampu mendorong produktivitas pengusaha. Salah satunya mempercepat memberikan relaksasi pajak seperti PBB, konpensasi pajak hotel, restoran dan pajak hiburan termasuk penghapusan denda pajak. Perekonomian Jakarta baru mulai berputar dengan pembatasan protokol kesehatan, artinya bahwa cashflow pengusaha masih belum normal maka berbagai beban pengusaha masih perlu diberikan dispensansi oleh Pemerintah. Dengan kebijakan yang pro bisnis serta stimulus dan relaksasi dari Pemprov DKI Jakarta diharapkan Ekonomi Jakarta akan pulih secara perlahan sehingga pertumbuhan ekonomi Jakarta triwulan II diharapkan tidak turun drastis dari triwulan I 2020 sebesar 5,06%.

HIPPI DKI Jakarta juga berharap agar Pemprov DKI Jakarta memiliki program khusus untuk membantu sektor UMKM yang selama ini memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian Jakarta. Dari 1,24 juta usaha di Jakarta 90% adalah sektor UMKM, dimana saat ini mereka butuh bantuan modal kerja karena modal yang dimiliki sudah habis terpakai untuk membiayai kebutuhan rumah tangga selama tiga bulan usahanya tutup. Hal ini memang perlu dikoordinasikan dengan Pemerintah , agar ada solusi sumber modal kerja yang dinantikan para pengusaha UMKM.

Pelaku usaha sangat memberikan apresiasi kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan serta Wagub Ariza Patria yang sudah bekerja keras dengan berbagai program menjaga warga Jakarta dari pandemi covid 19. Dirgahayu 493 tahun Kota Jakarta, dengan semangat kolaborasi yang harmonis antara Pemprov DKI Jakarta, masyarakat serta dunia usaha kita bangun ekonomi Jakarta yang kuat, tangguh dan bebas dari pandemi covid 19.

Disclaimer : Rubrik Opini adalah media masyarakat dalam menyampaikan tulisannya. Setiap Opini di kanal ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis dan teropongsenayan.com terbebas dari segala macam bentuk tuntutan. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai dengan undang-undang pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis Opini. Redaksi teropongsenayan.com akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang sebagai bagian dari hak jawab.

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
DD X Teropong Senayan
advertisement
Lainnya
Opini

Jawaban Islam Hadapi Zaman Krisis Orang Jujur

Oleh Ummu Dzakiyah, pemerhati sosial
pada hari Minggu, 05 Jul 2020
Kini kita memasuki zaman dimana terjadi krisis orang jujur.  Bahkan orang jujur pun akan sulit dipercaya. Dalam negara ini sudah sejak lama krisis kepercayaan itu terjadi bahkan kepada ...
Opini

Buah RUU HIP Untuk Kontemplasi

Baik penentang dan pengusul RUU HIP teriak : Pancasila Dasar Negara, Pancasila Ideologi Negara, Pancasila Sumber Segala Sumber Hukum Negara, Pancasila Alat Pemersatu, dll. Kalau sudah paham ...