Oleh windarto pada hari Jumat, 03 Jul 2020 - 06:23:15 WIB
Bagikan Berita ini :

Aktif Berkontribusi di Masa Pandemi, Untar Raih 4 Penghargaan dari LLDIKTI Wilayah III

tscom_news_photo_1593732195.jpg
Ilustrasi rangkaian kegiatan Untar di Masa Pandemi (Sumber foto : dok: Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Universitas Tarumanagara (Untar) menerima Penghargaan LLDIKTI Wilayah III Atas Kontribusi dan Inovasi Di Masa Pandemi, Senin (29/6).

Acara pemberian penghargaan yang dilakukan secara online dibuka oleh plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti), Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D. dan Kepala LLDIKTI Wilayah III Prof. Agus Setyo Budi, M.Sc, diikuti para Pimpinan Perguruan Tinggi di lingkungan wilayah 3.

Untar mendapat penghargaan pada kategori Perguruan Tinggi membuat inovasi melalui Laboratorium PCR Fakultas Kedokteran (FK) dalam pemeriksaan sampel Covid-19. FK Untar juga memproduksi Hand Sanitizer yang dapat dirasakan manfaatnya oleh rumah sakit, puskesmas, dan masyarakat sekitar maupun internal kampus.

Secara khusus LLDIKTI wilayah 3 juga memberikan penghargaan kepada Rumah Sakit Royal Taruma atas kerja samanya melakukan tes rapid dan swab di lingkungan kerja LLDIKTI Wilayah III bagi seluruh staff.

Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D. menuturkan, bahwa selama pandemi banyak Perguruan Tinggi telah membuat produk Inovasi seperti face shield, ventilator, termo-camera, hand sanitizer, cairan disinfektan serta lainnya.

“Saya berharap Perguruan Tinggi tetap menjadi mata air bagi masyarakat dengan memberikan energi positif dari kampus. Di tengah pandemi ini, publikasi dosen juga meningkat yang menandakan kualitas Perguruan Tinggi di saat pandemi Covid-19 semakin meningkat,” unjar Nizam.

Nizam juga mengucapkan selamat kepada Perguruan Tinggi yang telah mendapatkan penghargaan

“selamat kepada Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III dan rekan-rekan di lingkungannya yang tetap berupaya mencerahkan dan memajukan kehidupan bangsa,” tuturnya.

Kepala LLDIKTI Wilayah III Prof. Agus Setyo Budi, M.Sc mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepada Perguruan Tinggi di lingkungan kerjanya yang telah bekerja keras dalam melakukan inovasi sebagai bentuk kontribusi bagi bangsa.

“Hikmah dan pembelajaran yang dapat diambil selama pandemi Covid-19, dimana kesadaran menerapkan pola hidup bersih dan sehat menjadi prioritas, teknologi informasi semakin maksimal dimanfaatkan, menjadikan aktivitas lebih mudah dan fleksibel, serta Perguruan Tinggi banyak menghasilkan produk-produk inovasi, kolaborasi, dan terbentuknya solidaritasm antar manusia yang semakin tinggi dalam kegiatan kerelawanan,” ungkapnya.

Bersamaan dengan pemberian penghargaan kepada Perguruan Tinggi, LLDIKTI Wilayah III juga dengan resmi meluncurkan buku elektronik yang berisikan kumpulan solusi dan inovasi Perguruan Tinggi di Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III pada Masa Pandemi Covid-19, dengan judul “Sinergi Perguruan Tinggi Di Tengah Pandemi”.

Penghargaan kepada Perguruan Tinggi terbagi dalam 4 kategori yaitu:

  1. Kategori Perguruan Tinggi yang Menghasilkan Inovasi dan Produk Kesehatan Selama Pandemi Covid-19
  2. Kategori Perguruan Tinggi yang Berkontribusi dalam Kegiatan Kerelawanan Selama Pandemi Covid-19
  3. Kategori Perguruan Tinggi Peraih QS WORLD UNIVERSITY RANKINGS
  4. Penghargaan untuk Rumah Sakit yang telah bekerja sama dengan LLDIKTI Wilayah III dalam kegiatan tes rapid dan swab.

Sebagai perwakilan Pimpinan Perguruan Tinggi, Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan

“Kami menghaturkan terima kasih kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III atas penghargaan yang diberikan selama pandemi Covid-19,”ujar Agustinus.

Sekedar informasi selama masa pandemi, Fakultas Kedokteran Untar telah memproduksi hand sanitizer, pengembangan lab untuk pengujian Covid-19 dengan keamanan level 3, dan telah melakukan pengujian lebih dari 2.700 sampel sejak laboratorium dioperasikan 2 Juni 2020.

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...