Berita
Oleh Ahmad Hatim Benarfa pada hari Minggu, 31 Mei 2015 - 17:42:18 WIB
Bagikan Berita ini :

Pengamat Ini Bilang yang Dibasmi Itu Orangnya, Bukan Malah Lumbungnya

35IMG20150531142607.jpg
Diskusi Sengkarut Tata Kelola Energi Era Jokowi-JK (Sumber foto : TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Pengamat Energi, Yusri Usman menganggap aneh langkah pemerintah membubarkan Petral. Bagi Yusri, pembubaran Petral bukan cara signifikan dalam memberantas mafia migas di Indonesia.

"‎Seharusnya bukan lumbungnya yang dibakar, tapi tikusnya," kata Yusri dalam diskusi yang bertema " Sengkarut Tata Kelola Energi Era Jokowi-JK," di Warung Komando, Jakarta, Minggu (31/5/2015).

Menurutnya, Petral sesungguhnya memiliki peran penting bagi negara dalam menjembatani Pertamina dengan pasar saham internasional. Lebih dari itu, Petral turut memberikan suplai yang jelas terhadap APBN.

"‎Petral jelas memberikan keuntungan 50 juta dolar US per tahun. Ini menjadi pertanyaan dimana bersamaan dengan itu kenapa justru ada 40 sampai 50 perusahaan BUMN yang hampir bangkrut malah disuntik dana terus," ungkapnya.

Yusri mengaku dirinya menaruh kecurigaan akan adanya konspirasi baru di kementerian ESDM. Konspirasi tersebut dijalankan para mafia minyak yang delegitimasi oleh pejabat kementerian ESDM dengan mengatasnamakan reformasi tata kelola minyak.

"‎Itulah fungsi DPR dan pers mengawal. Kita harus jaga lembaganya agar tidak dibajak oknum. Karena itu aset yang secara institusi dibentuk. Hanya disalahgunakan oleh oknum-oknumnya," ucapnya. (ai)

tag: #Energi  #mafia  #migas  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...