Oleh Givary Apriman pada hari Senin, 20 Jul 2020 - 10:25:07 WIB
Bagikan Berita ini :

Anaknya Sama-Sama Ikut Pilkada, Pengamat Sebut SBY Lebih Baik Dibanding Jokowi

tscom_news_photo_1595212455.JPG
Gibran Rakabuming dan AHY (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pengamat politik Dedi Kurnia Syah melontarkan kritikan kerasnya pada Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait pencalonan Gibran Rakabuming Raka yang diusung oleh PDIP pada Pemilihan Wali Kota (Pilwako) Surakarta 2020.

Dedi mengatakan dengan posisi Jokowi saat ini yang sedang menjabat menjadi presiden dan menempatkan putranya untuk maju jadi kepala daerah justru mempraktikkan politik dinasti pada masa kekuasaannya.

Menurutnya, hal serupa tidak dilakukan Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang memimpin Indonesia pada periode 2004-2009 dan 2009-2014.

Ketika masih berkuasa, SBY yang kala itu memimpin Partai Demokrat justru tidak berupaya menempatkan dua putranya menjadi kepala daerah.

"SBY jauh lebih baik, meskipun sama-sama gagal menghentikan politik dinasti di luar dirinya," kata Dedi melalui keteranganya, Minggu (19/07/2020).

Direktur eksekutif Indonesia Political Opinion itu menuturkan kalau Putra Sulung SBY Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memang pernah ikut Pilkada DKI 2017.

Namun, menurut Dedi, AHY mengikuti kontestasi pilkada DKI saat ayahnya sudah tidak lagi menjabat sebagai presiden dan padahal karier AHY di militer tidak begitu moncer meski SBY menjadi presiden.

“Karir militer AHY tidak lantas melejit meskipun putra presiden," tuturnya.

Sebaliknya, Jokowi yang sedang menjabat sebagai presiden justru mengizinkan Gibran ikut Pilwako Surakarta, serta menantunya, Bobby Afif Nasution di Pilwako Medan.

"Kita bisa lihat bagaimana AHY masuk dalam karier politik sebagai calon gubernur DKI, itu terjadi saat SBY tidak lagi menduduki posisi kepala negara," pungkasnya.

tag: #gibran-rakabuming  #ahy  #susilo-bambang-yudhoyono-sby  #jokowi  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Advertisement
Top Up Jackcard Kamu Dengan JakOne Mobile
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Lainnya
Berita

PDIP: Penundaan Pilkada Ditengah Pandemi Akan Menciptakan Ketidakpastian Baru

Oleh Bachtiar
pada hari Senin, 21 Sep 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menilai Pilkada Serentak 2020 harus diselenggarakan pada tahun ini. Menurut dia, di tengah pandemi ini, setiap ...
Berita

KAMI Minta KPU Tunda Pilkada Serentak 2020

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) meminta agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan penyelenggara negara menunda pelaksanaan Pilkada serentak 2020. Pasalnya, ...