Oleh Sahlan Ake pada hari Selasa, 28 Jul 2020 - 21:24:39 WIB
Bagikan Berita ini :

Gelombang PHK Ditengan Pandemi, Soksi Bersama Serikat Pekerja Sepakati Kerjasama Strategis

tscom_news_photo_1595946279.jpg
Diskusi Ketenagakerjaan dengan tema “Mencari solusi alternatif masalah pekerja/buruh dimasa Pandemi Covid-19’ di Jakarta, Selasa (28/7/2020). (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) bersama para konfederasi serikat pekerja dan serikat buruh di Indonesia menyepakati perlunya kerja sama strategis tentang pembangunan bangsa di bidang ketenagakerjaan berorientasi solusi mengenai masalah-masalah ketenagakerjaan, termasuk solusi masalah para pekerja atau buruh yang alami PHK akibat pademi Covid-19.

“Kami Depinas SOKSI telah berdiskusi dengan para pemimpin buruh atau pekerja disini dan kami berharap hasil diskusi kami ini merupakan bagian dari solusi efektif terhadap masalah ketenagakerjaan yang sifatnya mendesak khususnya bagi buruh atau pekerja yang mengalami PHK di masa pandemi Covid-19 ini serta juga kami bersama memiliki kesamaan persepsi dan sikap terhadap urgensi penyelesaian RUU Ciptaker yang sedang berproses sekarang ini guna penguatan dukungan penciptaan lapangan kerja bagi kemajuan ekonomi bangsa kedepan,” kata Ketum Depinas SOKSI, Ali Wongso Sinaga usai acara Diskusi Ketenagakerjaan dengan tema “Mencari solusi alternatif masalah pekerja/buruh dimasa Pandemi Covid-19’ di Jakarta, Selasa (28/7/2020).

Dalam diskusi hadir Sekjen Depinas SOKSI Hendrik Karosekali dan para fungsionaris Depinas SOKSI lainnya serta unsur pimpinan konfederasi serikat pekerja dan buruh diantaranya Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Nasional (KSPN) Ristadi dan Presiden Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) Elly Rosita Silaban yang didampingi Sekjen masing-masing serta Sekjen KSARBUMUSI Eko Darwanto.

“Sekarang ini masalah pekerja yang paling menonjol adalah PHK dengan jumlah cukup besar dan bagaimana solusi mengeliminir dampaknya terhadap kelanjutan kehidupan para pekerja yang alami PHK itu. Ini tidak bisa dilakukan oleh satu elemen saja tetapi perlu sinergi antar elemen bangsa dengan berbagai gagasan kreatif serta perlunya dukungan penuh suatu kekuatan partai politik yang benar-benar komit dan peduli kesejahteraan pekerja atau buruh guna menjamin keberhasilan implementasi gagasan dan program solusi itu," katanya.

"Dalam rangka itulah SOKSI mengajak konfederasi serikat pekerja dan buruh untuk berdiskusi dan bekerjasama dengan berharap "back up" kekuatan politik yang SOKSI percaya, pada komitmen kepedulian kepemimpinan Partai GOLKAR, Pak Airlangga Hartarto," tambah Ali Wongso yang juga Wakil Ketua Dewan Pakar Partai Golkar itu.

Maka SOKSI bersama KSPN, KSBSI, dan konfederasi lainnya yang mau akan bersinergi dalam menyiapkan gagasan dan konsep program serta "team work" gabungan untuk mengeksekusi gagasan dan program-program itu, dengan back-up Partai Golkar.

Sementara Sekjen SOKSI Hendrik menambahkan, semangat dari kerja sama SOKSI dengan serikat pekerja dan buruh ini adalah lebih mengedepankan memberikan kail dan akses untuk para buruh kena PHK berupa pelatihan skill, akses permodalan, akses teknologi, akses market dan bapak angkat, dan lain-lainnya yang diperlukan, agar mereka bisa berusaha dengan berhasil.

“Untuk itu kami akan dorong Balai Latihan Kerja (BLK) akan memberikan pelatihan dengan konten kewirausahaan dan stimulus permodalan dari Pemerintah serta bimbingan profesional agar buruh yang kena PHK itu," tambah Sharmila, Ketua Depinas SOKSI Bidang UMKM & Koperasi menguatkan.

Sementara Presiden KSPN Ristadi mengatakan, diskusi yang diselengarakan SOKSI sangat bermanfaat dalam menyatukan langkah perjuangan pekerja.

“Kami berdiskusi dua jam lebih dalam rangka menyamakan persepsi dan frekuensi mencari jalan keluar permasalahan ketenagakerjaan. Apalagi saat ini ada jutaan pekerja yang mengalami PHK dan dirumahkan,” tuturnya.

SOKSI di bawah kepemimpinan Ali Wongso, kata Ristadi mengajak para serikat pekerja untuk mencari solusi agar para buruh bisa survive di masa pandemi Covid-19.

“Pak Ali Wongso dan SOKSI menawarkan adanya pelatihan kewirausahaan dibarengi akses permodalan dan akses informasi soal market. Karena itu yang sangat dibutuhkan saat ini,” ujarnya.

Selain itu, Ristadi berharap buruh yang terkena PHK dan dirumahkan bisa mendapatkan bantuan sosial. “Bansos untuk mengcover selama pandemi Covid-19 juga sangat dibutuhkan para pekerja,” ucapnya.

"Karena itu konfederasi sepakat dengan SOKSI melakukan kerja sama ini sesegera mungkin, sebab jutaan pekerja yang kena PHK sangat mengharapkan program ini segera sebagai "uluran tangan" solusi alternatif bagi masa depan kehidupan mereka. Maka dari itu landasan kerjasama berupa MoU diharapkan dapat dilakukan dalam Agustus 2020 mendatang," pintanya.

Di tempat yang sama, Presiden KSBSI Elly Rosita Silaban mengapresiasi upaya SOKSI dalam mencari solusi terhadap permasalahan pekerja terutama akibat PHK yang dialami sebahagia anggota KSBSI.

“Bekerjasama dengan SOKSI ini memang adalah hal yang baru bagi kami, tetapi kami sangat butuhkan, dan diantara KSBSI melalui para senior kami dengan Ketum SOKSI, Ali Wongso sudah terjalin hubungan kemitraan yang baik sejak 2005 lampau. Pada intinya kami apresiasi apa yang telah dipikirkan Pak Ali Wongso dan Golkar untuk membantu perjuangan buruh,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto pada Jumat (24/7) berharap kepemimpinan Ali Wongso Sinaga selaku Ketua Umum Depinas SOKSI
dapat memperkuat konsolidasi kemitraan SOKSI dengan kelompok-kelompok strategis terutama dengan kelompok buruh atau pekerja. Serta dapat pula mempercepat program-program di bidang ketenagakerjaan agar kontribusi SOKSI berdampak secara nyata di masyarakat.

tag: #soksi  #partai-golkar  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Ketua Umum IMI Bamsoet Dukung Gelaran Pecah VW 2024 Dapatkan Rekor MURI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mematangkan persiapan acara pemecahan Rekor MURI, ...
Berita

SOKSI Optimis MK Tak Lampaui Wewenangnya: Prabowo-Gibran Presiden dan Wapres Terpilih

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Menjelang putusan MK tentang sengketa Pilpres 2024 pada 22 April 2024 mendatang, Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional SOKSI. Ir. Ali Wongso Sinaga menyatakan optimis amar ...