Berita
Oleh Givary Apriman pada hari Thursday, 20 Agu 2020 - 06:55:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Faisal Basri Sebut Hadirnya KAMI Akibat Parpol Gagal Jadi Wadah Penyerapan Aspirasi Masyarakat

tscom_news_photo_1597875536.jpeg
Ekonom Senior Faisal Basri (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ekonom Senior Faisal Basri mengatakan faktor kegagalan partai politik di parlemen menjadi salah satu jawaban mutlak dari menguatnya gerakan masyarakat sipil di tanah air.

Hal tersebutlah yang menjadi sebuah inisiasi pembentukan Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) yang baru-baru ini deklarasi di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, Selasa (18/8) kemarin.

"Parpol gagal menadi wadah penyerapan aspirasi masyarakat. Sehingga memunculkan kelompok-kelompok politik diluar partai karena aspirasinya tidak tertampung di partai yang ada. Makanya kemaren deklarasi KAMI itu," kata Faisal Basri dalam diskusi bertajuk "Pemilu dan Pilkada: Elit Recruitment dan Rasionalisasi Kepemimpinan Profesional di Daerah", Rabu (19/08/2020).

Menurutnya, tidak mengherankan apabila gerakan masyarakat sipil dan juga gelombang demonstrasi buruh hingga mahasiswa bergerak untuk menyuarakan aspirasinya secara masif.

Beberapa waktu terakhir pergerakan masyarakat terus mengalami eskalasi lantaran tidak diakomodirnya aspirasi rakyat oleh partai politik di parlemen.

"Partai punya dunianya sendiri. Partai mengatakan, kan waktu Pemilu, Pilkada Pilpres kan sudah saya bayar kalian, kalian diam, dia bilang ke pemilihannya begitu," ungkapnya.

"Transaksional, sekarang giliran saya bayar utang karena dulu waktu Pilkada atau Pemilu saya berhutang kepada bandar-bandar," sambungnya.

Faisal menilai mandulnya parpol yang gagal menjadi wadah penyerapan aspirasi masyarakat menyebabkan gerakan masyarakat di luar parlemen semakin masif.

"Karena masyarakat tidak terakomodasi oleh partai-partai itu," pungkasnya.

tag: #faisal-basri  #parpol  #politik  #kami  #dpr  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Advertisement
Top Up Jackcard Kamu Dengan JakOne Mobile
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fraksi PKS: Ulama dan Santri Terdepan Dalam Meneguhkan Kedaulatan NKRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 24 Okt 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Memperingati Hari Santri 22 Oktober 2020 Fraksi PKS DPR RI menggelar Zoominar dengan Tema "Meneladani Peran Ulama dan Santri Dalam Meneguhkan Kedaulatan NKRI" ...
Berita

Diduga Sering Cemarkan Nama Baik NU, Gus Nur Ditangkap Polisi

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri menangkap Sugi Nur Raharja atau akrab disapa Gus Nur terkait kasus dugaan ujaran kebencian yang bermuatan SARA dan penghinaan. ...