Oleh Alfin Pulungan pada hari Selasa, 08 Sep 2020 - 12:16:54 WIB
Bagikan Berita ini :

Komisi Agama DPR Semprot Menag Soal Orang Hafal Alquran Jadi Sumber Radikalisme

tscom_news_photo_1599542203.jpeg
Menteri Agama Fachrul Razi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Ketua Komisi Agama (Komisi VIII) DPR, Yandri Susanto, meminta Menteri Agama Fachrul Razi menjelaskan sejumlah pernyataannya yang kontroversial di publik. Pernyataan itu di antaranya soal radikalisme yang menyusup melalui orang yang berpenampilan menarik atau good looking, hafal Alquran, dan pandai berbahasa Arab, serta pernyataan tentang sertifikasi dai.

"Ini kegelisahan sekali bagi umat Islam, (Menag) menarasikan orang hafal Alquran, good looking, pandai bahasa Arab itu sumber radikalisme," kata Yandri dalam rapat kerja hari ini membahas rencana program dan anggaran Kementerian Agama 2021, Selasa, 8 September 2020.

Menurut politikus Partai Amanat Nasional ini, ucapan Menag itu membuat banyak ulama dan pengurus pondok pesantren tersinggung. Apalagi, ia mengaku banyak anggota keluarganya juga yang mengelola pondok pesantren.

Yandri Susanto


Ia pun mendesak Fachrul Razi menunjukkan data bukti ihwal tempat-tempat mana saja yang disusupi radikalisme melalui orang good looking itu.

Yandri mengaku tersinggung jika radikalisme diidentifikasi melalui penampilan good looking, pandai bahasa Arab, dan hafal Alquran. Sebab, ia sendiri mengaku mendidik anak-anaknya untuk pandai berbahasa Arab dan hafal Alquran. "Tapi kalau hari ini pemerintah menuduh itu sumber utama radikal, saya kira tidak bisa diterima," ujarnya.

Tak hanya itu, Yandri juga meminta Menag menjelaskan tentang rencana sertifikasi penceramah atau dai. Ia mengkritik Menag yang menyampaikan hal tersebut kepada publik padahal belum menjadi disepakati bersama DPR.

Menurut Yandri, gelar dai diberikan oleh masyarakat, bukan pemerintah. "Jangan sampai justru Menag yang katanya beragama Islam, sepertinya benci dengan Islam," kata Yandri.

tag: #fachrul-razi  #radikalisme  #kementerian-agama  #komisi-viii  #yandri-susanto  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
DD MEMULIAKAN ANAK YATIM
advertisement
Lainnya
Berita

BPKH Tunjuk UUS Bank DKI Sebagai Bank Pengelola Keuangan Haji

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 23 Jul 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Unit Usaha Syariah (UUS) Bank DKI mendapatkan kepercayaan dari Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) sebagai salah satu Bank Umum Pengelola Keuangan Haji yang melaksanakan ...
Berita

Jaringan Nasional Anti Perdagangan Orang Akan Selenggarakan Pertemuan Nasional di Batam

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)– Jaringan Nasional Anti Tindak Pidana Perdagangan Orang (JarNas Anti TPPO) akan menyelenggarakan Pertemuan Nasional pada 30 Juli hingga 1 Agustus 2024 di Yelloo Hotel, ...