Oleh Sahlan Ake pada hari Rabu, 16 Sep 2020 - 21:09:39 WIB
Bagikan Berita ini :

Bamsoet: Persatuan Bangsa Tidak Boleh Pecah Karena Kepentingan Politik Sesaat

tscom_news_photo_1600265379.jpg
Bamsoet Ketua MPR (Sumber foto : Dokumen)

BANDUNG (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bersama seniman dan budayawan Budi Dalton, memiliki kekhawatiran yang sama terkait mulai lunturnya nilai-nilai Pancasila di kalangan generasi muda. Keduanya sepakat mendukung Presiden Joko Widodo untuk mengembalikan kembali mata pelajaran Pancasila, yang menghilang dari kurikulum wajib nasional sejak diberlakukannya UU No.20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

"Sebagai orang yang pernah menerima pendidikan pancasila di setiap jenjang pendidikan serta mengalami penataran Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4), saya dan Kang Budi Dalton merasakan betul manfaat pendidikan Pancasila dalam menjalani aktifitas kehidupan," ujar Bamsoet di acara Ngobras (Ngobrol Asyik) sampai Ngompol (Ngomong Politik), disalah satu konten Bamsoet di kanal YouTube Bamsoet Channel bersama Budi Dalton, di Bandung, Selasa (15/9/20).

Langkah Presiden Joko Widodo yang akan memasukan kembali materi pendidikan Pancasila dalam kurikulum pendidikan nasional patut didukung. Metode pembelajarannya pun harus dilakukan secara kekinian," tambahnya.

Ketua DPR RI ke-20 ini turut mengapresiasi kiprah Budi Dalton di bidang sosial, seni, budaya, dan pendidikan. Berkarir sebagai aktor, menjadi kolektor barang antik, ketua komunitas motor, hingga dosen dan menjadi Wakil Dekan Bidang III di Fakultas Seni dan Sastra Universitas Pasundan, menjadikan Budi Dalton kenyang dengan beragam pengalaman hidup.

"Tak heran ia selalu membuka pintu rumahnya untuk siapapun yang datang. Menerima siapapun yang berkunjung dengan hati terbuka. Keramahan dan solidaritas sosialnya menjadikan ia sebagai pribadi yang disegani. Sikap seperti ini adalah bagian dari identitas bangsa Indonesia yang patut ditiru generasi muda bangsa, tak boleh hilang akibat maraknya individualistik sebagai dampak liberalisasi globalisasi," tandas Bamsoet.

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini menambahkan, menghadapi situasi sosial yang sempat memanas menyambut Pemilu 2019 pada tahun 2018 lalu, Budi Dalton bersama seniman, budayawan, dan berbagai komunitas motor di Bandung menggaungkan "Jabar Kondusif". Mengajak Presiden Joko Widodo motoran, Budi Dalton dan kawan-kawan mengirimkan pesan bahwa solidaritas persatuan dan kesatuan bangsa tak boleh terpecah hanya karena kepentingan politik sesaat.

"Kini ditengah pandemi Covid-19, Kang Budi Dalton juga tak letih mengedukasi masyarakat luas untuk mentaati protokol kesehatan. Dengan sabar beliau menjelaskan tentang bahaya Covid-19 kepada masyarakat di berbagai pelosok Bandung yang karena ketidaktahuan dan kekurangan informasi, menyebabkan mereka abai terhadap protokol kesehatan," pungkas Bamsoet.

tag: #bamsoet  #mpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Buka Puasa Bersama Komunitas Morgan Sports Club, Ketua MPR RI Bamsoet Ajak Tingkatkan Solidaritas Kebangsaan

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Ketua Dewan Pembina komunitas otomotif mobil klasik asal Inggris Morgan Sports Car Club Indonesia (MSCCI) dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia ...
Berita

Aksi Damai GPKR di Gedung Mahkamah Konstitusi untuk Menegakkan Kedaulatan Rakyat

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Dengan semangat perjuangan tanpa titik kembali, hari ini Kamis 28 Maret 2024, Gerakan Penegak Kedaulatan Rakyat (GPKR) akan kembali menggelar aksi damai bertempat di ...