Oleh Rihad pada hari Jumat, 09 Okt 2020 - 20:07:21 WIB
Bagikan Berita ini :

Wapres Puji Peran Pengusaha NU Dalam Memajukan Ekonomi Nasional

tscom_news_photo_1602249054.png
Wakil Presiden Ma'ruf Amin (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Wakil Presiden Ma"ruf Amin mengatakan Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) turut menentukan kemajuan ekonomi nasional. Hal tersebut dikatakan Ma"ruf dalam acara harlah ke-9 HPN yang digelar secara daring, Jumat (9/10/2020).

"Mereka juga secara langsung menyerap tenaga kerja, dan memberikan kontribusi penghasilan negara untuk membiayai pembangunan baik dari pajak maupun non pajak," ucap Ma"ruf.

Ma"ruf mengatakan, Indonesia memiliki sumber daya yang melimpah dengan potensi pasar domestik dan global yang sangat besar.

Hal itu pun sudah didukung dengan perangkat regulasi ekonomi yang dikeluarkan oleh pemerintah."Namun semuanya tidak berarti jika tidak didukung oleh para pelaku usaha," ujar dia.

Menurut Ma"ruf, asosiasi pengusaha memiliki peran penting dalam menyerap tenaga kerja dan berkontribusi dalam pembangunan.

Selain itu, para pengusaha juga menyediakan produk dan layanan yang dibutuhkan masyarakat.

Ma"ruf Amin mengapresiasi pembentukan jaringan investor tunggal atau angel investor untuk usaha rintisan (start up) halal , sebagai salah satu cara bagi Indonesia mengejar ketertinggalan pengembangan industri halal di tingkat global.

Jaringan investor yang diberi nama Indonesia Halal Startup Business Angle investor Network (IHSAN) tersebut dibentuk oleh HPN dibantu pengusaha asal Amerika Serikat sekaligus pendiri Halal Angels Network, Tausif Malik.

"Saya dengar HPN mulai serius menggarap start up business di kalangan millenialpreneur yang akan menggalang potensi investasi pengusaha muslim dari seluruh dunia. Ini adalah langkah nyata yang membanggakan dan butuh istiqamah untuk diperjuangkan," kata Ma"ruf.

Ma"ruf mengatakan industri halal harus dikembangkan karena Indonesia memiliki potensi tinggi, baik dari segi sumber daya manusia (SDM) maupun sumber daya alam (SDA), untuk menciptakan produk-produk halal. Selama ini, Indonesia hanya berperan sebatas pemberi label atau sertifikat halal bagi produk-produk dari luar negeri.

Wapres juga meminta HPN dapat memanfaatkan peluang dalam pengembangan industri halal, baik di sektor makanan, pakaian, finansial, obat-obatan hingga kosmetika. Hal itu bertujuan agar Indonesia dapat mengejar ketertinggalan industri halal, setidaknya dari negara-negara Asia Tenggara.

"Sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia masih harus mengejar beberapa negara seperti Malaysia, yang telah lebih dahulu secara serius menggarap halal industry," ujarnya.

Angel investor merupakan individu dengan kekayaan bersih tinggi yang menginvestasikan dananya untuk perusahaan rintisan. Biasanya, investor jenis tersebut mengutamakan pada upaya membantu perusahaan rintisan dan mengesampingkan laba.

Melalui program IHSAN, HPN berharap akan semakin banyak pengusaha start up dari para nahdliyin untuk mengembangkan industri halal di Indonesia.

tag: #maruf-amin  #nahdlatul-ulama  #pengusaha  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement