Oleh Givary Apriman pada hari Selasa, 13 Okt 2020 - 07:12:11 WIB
Bagikan Berita ini :

Jokowi Usul Ajukan Judicial Review Ke MK, Buruh : Kami Pesimis MK Bisa Netral

tscom_news_photo_1602523698.jpg
Ilustrasi Judicial Review MK (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Presiden Joko Widodo mempersilakan kepada rakyat penolak Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) untuk melakukan uji materi atau judicial review (JR) ke Mahkamah Konstitusi.

Menanggapi hal tersebut, kalangan buruh justru sangat pesimis kalau MK bisa netral mengenai uji materi UU Omnibus Law Ciptaker tersebut

Ketua Umum FSP LEM SPSI Arif Minardi yang mewakili serikat dan konfederasi buruh lainnya mengaku sangat waswas apabila kemudian harus memperjuangkan penolakan terhadap UU Ciptaker melalui uji materi di MK.

"Katakanlah kami juga waswas di MK itu. Terus terang sajalah bahwa kami curiga bahwa MK tidak netral," kata Arif dalam sebuah konferensi pers virtual, Senin (12/10/2020).

Meski begitu, Arief menyatakan kalau pihaknya tidak berarti akan menutup kemungkinan untuk melakukan uji materi ke MK.

Untuk itu, sebelum mengarah ke sana dirinya mengaku akan terlebih dahulu mempelajari UU Nomor 7 Tahun 2020 tentang Mahkamah Konstitusi, yang merupakan Perubahan Ketiga atas UU Nomor 24 Tahun 2003 tentang MK.

Sambil berjalan, Arif juga memastikan kalau para buruh bakal melakukan aksi lainnya baik demonstrasi atau apapun sesuai aturan untuk menyampaikan tuntutan mereka menolak UU Ciptaker.

"Jadi begini, kita akan melakukan semua gerakan atau antisipasi atau apapun yang semuanya sesuai undang-undang, mulai aksi unjuk rasa, kemudian ada eksektuif review, ada legislatif review, itu kita dari juga dari pakar hukum menurut para hukum begitu termasuk judicial review," tutupnya.

tag: #mahkamah-konstitusi  #buruh  #ruu-ciptaker  #uu-cipta-kerja  #jokowi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...