Oleh Sahlan Ake pada hari Senin, 18 Jan 2021 - 12:48:25 WIB
Bagikan Berita ini :

Jokowi Terbitkan Perpres Pencegahan Ekstrimisme, Ali Wongso Apresiasi

tscom_news_photo_1610948905.jpeg
Presiden Joko Widodo (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Umum SOKSI, Ali Wongso Sinaga mengapresiasi keputusan Presiden Jokowi menerbitkan Perpres No. 7 Tahun 2021 Tentang RAN PE (Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstrimisme berbasis kekerasan yang mengarah terorisme).

"Kami memahami kehadiran Perpres RAN PE tersebut adalah juga kebutuhan bangsa negara sekarang ini dan sifatnya "urgent" dalam rangka menjaga tegak utuhnya eksitensi NKRI berdasarkan Pancasila," kata Ali Wongso kepada wartawan, Senin (18/1/2021).

Bahkan, kata ia, kedepan perlu dipertimbangkan untuk segera mempersiapkan UU Pendidikan Politik Bangsa dan UU Keamanan Nasional (National Security Act) yang sudah dua kali tertunda di DPR RI.

"Hal ini sudah pernah kami sampaikan dalam Refleksi Akhir Tahun 2020 setelah mengamati trend bertumbuhnya trans ideology yang bersifat ekstrim serta mendorong terbangunnya potensi kelompok ‘laten’ yang resisten kepada negara sekaligus dapat merupakan potensi "proxy" atau ‘boneka’ bagi rezim global memainkan kepentingan sempitnya yang mengganggu bahkan potensi ancaman bagi eksistensi NKRI," katanya.

Dengan adanya Perpres RANPE itu, SOKSI berharap akan ada kemajuan kehadiran negara yang lebih eksis dan efektif dengan progress yang signifikan dalam mencegah dan menghentikan laju bertumbuhnya "trans ideology" ekstrim di negeri ini di lembaga-lembaga pemerintahan termasuk lembaga pendidikan seperti kampus-kampus dan lembaga lainnya ditengah masyarakat.

"Lalu kemudian terhadap yang sudah terlanjur masuk, diperlukan pola dan format penanggulangannya yang arif bijaksana tetapi tegas, tepat, cepat dan efektif sehingga prosesnya berjalan baik dan lancar dengan "by objectives" tanpa mengurangi fokus bangsa negara ini dalam penanganan kesehatan dan pemulihan ekonomi nasional dimasa pandemi Covid -19 yang melanda dunia ini," kata Wakil Ketua Dewan Pakar Partai Golkar itu.

tag: #jokowi  #soksi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Aksi Damai GPKR di Gedung Mahkamah Konstitusi untuk Menegakkan Kedaulatan Rakyat

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Dengan semangat perjuangan tanpa titik kembali, hari ini Kamis 28 Maret 2024, Gerakan Penegak Kedaulatan Rakyat (GPKR) akan kembali menggelar aksi damai bertempat di ...
Berita

KPK Diminta Jelaskan Alasan Periksa Shanty Alda di Kasus Dugaan Korupsi Abdul Gani Kasuba

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mantan Penyidik KPK, Yudi Purnomo mengatakan Penyidik KPK harus transparan dalam menangani perkara dugaan korupsi yang menyeret Gubernur Maluku Utara nonaktif, Abdul Gani ...