Berita
Oleh Yunan Nasution pada hari Senin, 08 Jun 2015 - 14:33:58 WIB
Bagikan Berita ini :

Panglima TNI di Era SBY Bergiliran Antar Matra

73Moeldoko(indra).JPG
Panglima TNI Jenderal Moeldoko (Sumber foto : Indra Kusuma/ TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Pergantian Panglima TNI menjadi perbincangan publik terkait posisi yang layak menduduki jabatan nomor satu di tubuh TNI tersebut dari unsur matra mana, angkatan udara, angkatan laut atau angkatan udara?.

Sebagian kalangan, termasuk Wakil Presiden Jusuf Kalla berpandangan posisi Panglima TNI tak harus bergiliran karena dalam undang-undang tidak disebutkan secara tertulis yang mengatur mekanisme giliran tersebut.

Sementara pendapat lain, salah satunya pengamat politik dan pertahanan Salim Said meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk tetap mempertahankan tradisi perputaran posisi untuk memilih Panglima TNI. Menurutnya, hal itu perlu dijaga untuk soliditas TNI.

Pada era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ketika menjabat sebagai presiden, SBY dalam memilih Panglima TNI berpatokan pada sistem perputaran antar matra. Sejak terpilih menjadi orang nomor satu di Indonesia pada 2004 silam, SBY menunjuk Jenderal Endriartono Sutarto dari matra angkatan darat sebagai Panglima TNI hingga tahun 2006.

Kemudian pada tahun 2006, Marsekal TNI Djoko Suyanto dari angkatan udara menggantikan Endriartono Sutarto yang telah memasuki masa pensiun. Dari tangan Djoko Suyanto, tahun 2007 tampuk kepemimpinan Panglima TNI diserahkan kepada Jenderal Djoko Santoso yang notabene berasal dari angkatan darat hingga 2010.

Laksamana TNI Agus Suhartono dari angkatan laut menjadi Panglima TNI dari tahun 2010 hingga 2013 lalu. Terakhir, Jenderal TNI Moeldoko dari angkatan darat ditunjuk menggantikan Agus Suhartono.(yn)

tag: #panglima tni  #sby  #matra  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...