Oleh Rihad pada hari Minggu, 07 Mar 2021 - 17:53:41 WIB
Bagikan Berita ini :

Sudah 1,46 Juta Nakes Divaksin, Kapan Giliran Warga Biasa?

tscom_news_photo_1615114425.png
Vaksinasi (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Sebanyak 1,46 juta tenaga kesehatan telah mendapatkan suntikan pertama vaksin Sinovac. Mereka merupakan kelompok prioritas penerima vaksin karena paling rentan terpapar corona.

Lansia

Setelah nakes, lansia di atas 60 tahun yang mendapat giliran. Penyuntikan kepada mereka setelah BPOM mengeluarkan emergency use authorization kepada vaksin Sinovac untuk usai di atas 60 tahun.

Beriringan dengan lansia, petugas publik pun menjadi kelompok prioritas vaksin. Jumlah kedua kelompok ini sekitar 38,4 juta orang.

Petugas Publik

Petugas publik yang sudah mendapat jatah antara lain pedagang, wartawan, dan petugas transportasi umum. Kemudian atlet, polisi, TNI hingga mereka yang bekerja di sektor publiknya disuntik.

Warga Rentan

Setelah mereka, giliran masyarakat rentan yang menerima vaksin. Masyarakat rentan ini juga tinggal di daerah rentan atau zona merah.

Kelompok yang dinyatakan rentan tertular COVID-19 oleh Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO) di luar lansia adalah penderita komorbid atau yang memiliki penyakit bawaan, pekerja sektor informal, anak-anak, hingga penyandang disabilitas, dan penderita HIV positif.

Dari data yang sama, jumlah vaksin yang dibutuhkan untuk vaksinasi kelompok ini 130 juta dosis. Berarti dengan estimasi setiap vaksinasi membutuhkan 2 dosis, berarti ada 65 juta orang yang disuntik.

Proses penyuntikan untuk kelompok rentan ditargetkan selesai September 2021.

Masyarakat Umum

Setelah kelompok rentan, barulah masyarakat umum yang akan menerima vaksin pada September. Total keseluruhan yang menjadi target sekitar 194 juta dosis berarti untuk 97 juta orang. Ditargetkan proses tersebut selesai pada Maret 2022.

tag: #vaksin  #covid-19  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Produksi Minyak Nasional Terus Turun, Komisi VII DPR Minta Evaluasi menyeluruh SKK Migas

Oleh Fath
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-- Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin menilai kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto kinerjanya tidak ...
Berita

Ini Alasan Pembubaran PT NDK Menutup Kepentingan Pihak Lain

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Nusantara Dua Kawan atau yang disingkat NDK resmi bubar. Pembubaran perusahaan ini sebelumnya sempat ramai di demo oleh sekelompok orang dengan tuduhan dugaan NDK ...