Oleh Bachtiar pada hari Minggu, 14 Mar 2021 - 13:27:14 WIB
Bagikan Berita ini :

Soal Rencana Import Beras, Politikus PKS Ini Tantang Jokowi Berantas Mafia Pangan

tscom_news_photo_1615703234.jpg
Amin Ak Politikus PKS (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PKS, Amin Ak mempertanyakan rencana impor 1 juta ton beras yang dilakukan pemerintah.

Padahal, kata dia, berdasarkan data produksi proyeksi stok beras nasional, tidak ada urgensinya sama sekali, bahkan merugikan pelaku usaha pertanian dalam negeri.

Menurutnya, jika saat ini impor beras dipaksakan, maka kecurigaan masyarakat bahwa masih kuatnya mafia pangan mempengaruhi kebijakan pemerintah sulit dibantah.

"Inilah waktu yang tepat bagi Jokowi untuk membuktikan janjinya memberantas mafia pangan dan para pemburu rente ekonomi yang merugikan rakyat," tandas Politikus PKS itu, Minggu (14/03/2021).

Selain itu, kata dia, Dugaan adanya praktek berburu rente oleh rent seeker didasarkan pada adanya selisih harga beras di pasar dalam negeri dan internasional begitu tinggi yaitu sekitar Rp 2.400 per kilogram. Dengan jumlah impor beras mencapai 1 juta ton, maka nilai marginnya mencapai Rp 2,4 triliun.

Menurut Amin, setiap tahunnya kebijakan impor beras dilakukan pemerintah di saat panen raya. Ini sangat merugikan petani karena memaksa harga beras petani turun dibawah biaya produksi mereka.

"Jika petani terus diganggu dan dibikin rugi seperti itu, maka akan makin banyak petani yang alih profesi dan menjual lahannya," kata dia. Jika kondisi ini terus terjadi, kata dia lagi, maka mimpi kemandirian pangan maupun swasembada pangan tidak akan pernah terwujud.

“Saya tantang Pak Jokowi untuk membuktikan janjinya memberantas mafia pangan di negeri ini. Mafia adalah penyebab ekonomi biaya tinggi. Mereka mengendalikan rantai distribusi pangan bahkan masuk ke sistem pemerintahan dan mengatur kebijakan,” tegas Amin.

Lebih lanjut Ia mengatakan, keputusan pemerintah merencanakan impor tidak sesuai fakta dan data di lapangan. Merujuk pada data Badan Pusat Statistik (BPS), produksi beras tahun 2020 mencapai 31,33 juta ton. Angka tersebut lebih tinggi dibanding tahun 2019 yang mencapai 31,31 juta ton.

Dengan konsumsi rata-rata per kapita sebanyak 111,58 kg per tahun, Indonesia yang berpenduduk 270 juta jiwa membutuhkan sekitar 30 juta ton per tahun, atau 2,5 juta ton per bulan. Dengan kondisi iklim pada akhir2020 hingga awal2021 ini yang sangat kondusif, sehingga produksi padi tahun 2021 diproyeksikan naik 4,86% dibanding 2020.

Dari data-data tersebut, maka stok beras nasional pada akhir 2020 mencapai 6,74 juta ton. Dengan proyeksi produksi Januari – Maret 2021 sebesar 8,26 juta, maka menjelang Ramadhan ini, stok beras nasional mencapai 15,01 juta. Dengan kebutuhan beras triwulan pertama 2021 yang mencapai 7,48 juta, maka per Maret 2021 ada cadangan beras sebesar 7,5 juta Ton.

“Pertanyaannya, untuk siapa sebenarnya beras impor tersebut? Karena sesunggunya kebutuhan masyarakat sudah bisa dipenuhi dari produksi petani Indonesia sendiri. Lalu buat apa gembar gembor kita harus benci produk impor itu,” tanya Amin.

tag: #impor-beras  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Momentum Hardiknas 2024, Ikramullah Akmal Dorong Pemuda Semakin Terdidik untuk Memenangkan Masa Depan

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 02 Mei 2024
MAKASAR (TEROPONGSENAYAN) --Tenaga Ahli Wakil Ketua MPR RI, Dr. Ikramullah Akmal, S.Sos., M.Si memberikan pandangannya menyambut Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2024. Menurutnya, pendidikan yang ...
Berita

Fraksi PKS Terus Berjuang Untuk Kesejahteraan dan Perlindungan Buruh

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini mengucapkan selamat Hari Buruh dan berharap agar kebijakan negara semakin menyejahterakan dan melindungi pekerja baik di dalam maupun ...