Oleh Bachtiar pada hari Minggu, 26 Des 2021 - 20:37:10 WIB
Bagikan Berita ini :

Satgas BLBI akan Terus Tagih Utang Obligor

tscom_news_photo_1640525830.jpg
Mahfud MD Menkopolhukam RI (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan Hak Tagih Negara Dana BLBI (Satgas BLBI) akan terus menagih utang obligor. Secara total, Satgas BLBI sudah merampas 1.321 hektare tanah milik obligor.

Hal tersebut disampaikan Menko Polhukam Mahfud MD dalam diskusi bertajuk "Baru di Era Jokowi Pengemplang BLBI Tak Berkutik", Minggu (26/12).

"Tanah ini dalam berbentuk aset di berbagai kota itu seluas 1.312 hektare, tepatnya 13.121.614,346 meter persegi, sehingga ini kalau diuangkan ya sudah triliunan lah," ungkap Mahfud.

Mahfud mengatakan, pemerintah juga langsung tancap gas mengelola tanah para obligor tersebut. Beberapa di antaranya sudah digunakan untuk kepentingan masyarakat.

"Tanah ini langsung dikuasai negara, langsung disita. Sebagian sudah dibagi ke beberapa orang yang nilainya sekitar Rp1 triliun," ungkapnya.

Namun, menurut Mahfud, tidak semua tanah yang disita bisa langsung digunakan. Pemerintah baru menggunakan tanah itu saat status hukumnya sudah jelas.

"Kemudian yang lain itu akan terus kumpulkan, pastikan kepemilikan, bahwa milik negara baru akan dilelang lagi," kata dia.

Selain tanah, pemerintah juga menerima uang dari para obligor BLBI. Adapun totalnya mencapai Rp313.945.930.844,50. Mahfud mengaku puas dengan kinerja Satgas BLBI.

"Kita ini dalam waktu enam bulan atau lima bulan lebih sedikit sudah (mengumpulkan) Rp340 miliar dengan 13 juta meter persegi lahan (yang sudah disita)," kata Mahfud.

tag: #blbi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Soal Bahlil Ingin Beri Izin Tambang ke Ormas, Sartono Hutomo: Jangan Buru-buru

Oleh Fath
pada hari Selasa, 07 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI angkat bicara perlihal rencana Menteri Investasi/ Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia untuk ...
Berita

Marwan Cik Asan Ingatkan Pemerintah Waspadai Perlambatan Pertumbuhan Ekonomi 2024

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi XI DPR RI dari Partai Demokrat, Marwan Cik Asan mengingatkan pemerintah agar mewaspadai perlambatan pertumbuhan ekonomi tahun 2024. Karena meskipun angka ...