Berita
Oleh Alfian Risfil pada hari Selasa, 30 Jun 2015 - 19:47:12 WIB
Bagikan Berita ini :

Suharso: Ada Dana Aspirasi, Anggota DPR tak Dijamin Terpilih Lagi

13suharso-monoarfa_663_382.jpg
Suharso Monoarfa (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) – Mantan Menteri Perumahan Rakyat Suharso Monoarfa meminta publik tidak salah persepsi dulu tentang dana aspirasi. Menurutnya, dana yang disalurkan melalui Usulan Program Pembangunan Daerah Pemilihan (UP2DP) yang hanya Rp11,5 Triliun per tahun tidak seberapa dibanding jumlah total APBN yang mencapai hingga Rp2 ribu Triliun.

Suharso juga menegaskan bahwa di berbagai daerah di Indonesia, adanya dana aspirasi tersebut sudah berlangsung lama. Namun bisa jadi dengan nama dan program yang berbeda-beda.

“Itu (dana aspirasi, red) sudah dipraktikkan di kabupaten/kota seluruh Indonesia. Setahu saya mulai tahun 2004,” kata Suharso saat menjadi pembicara dalam diskusi yang digelar Perhimpunan Gerakan Keadilan (PGK) bertajuk “Politik Budget dan Pro-Kontra P2DP DPR” di kantor PGK, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (30/6/2015).

Menurutnya, dana aspirasi yang bergulir di berbagai daerah memang pada awalnya memiliki banyak kekurangan dan kelemahan. Namun setelah dilakukan upaya-upaya perbaikan, sangat bermanfaat untuk pembangunan di daerah.

“Awal-awal banyak yang kena masalah. Setelah itu makin bagus dan makin bagus,” jelasnya.

Ia juga menegaskan bahwa publik tidak perlu khawatir, anggota DPR yang mengusulkan P2DP tersebut akan terpilih lagi dalam Pemilu 2019 mendatang.

“Dana aspirasi tidak menjamin anggota DPR akan terpilih lagi. Sekarang rakyat ngerti kok, uang itu kan bukan uang Anda (kantong pribadi anggota DPR, red),” paparnya.

Oleh karenanya, ia mendukung program tersebut. Namun kata dia, penyalurannya harus tematik.

“Mestinya tematik pemberian dana aspirasi ini tiap tahunnya. Misalnya tahun ini infrastruktur, dan seterusnya.”(iy)

tag: #dana aspirasi  #program dapil  #UP2DP  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ketua MPR RI Bamsoet: MPR RI Periode 2019-2024 Tengah Siapkan Berbagai Legacy

Oleh Sahlan Ake
pada hari Senin, 29 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengungkapkan bahwa MPR RI periode 2019-2024 sudah dan sedang mempersiapkan berbagai legacy ...
Berita

Data e-KTP Warga Jakarta Segera Berubah jadi DKJ

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Data e-KTP warga Provinsi Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta akan segera berubah status menjadi warga Daerah Khusus Jakarta (DKJ). Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ...