Berita
Oleh Emka Abdullah pada hari Kamis, 16 Jul 2015 - 22:39:16 WIB
Bagikan Berita ini :

Usul Din Soal Kalender Islam Didukung Gus Solah

90GusSolah.jpg
Gus Solah (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin telah mengumumkan Idul Fitri 1 Syawal 1436 Hijriyah jatuh pada hari Jumat, 17 Juli 2015. Kepastian tersebut diambil setelah Kementerian Agama bersama para pimpinan Ormas Islam seperti MUI, Muhammadiyah dan NU menggelar sidang isbat di Kantor Kementerian Agama, Kamis sore (16/7/2015).

Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin menyambut baik penetapan 1 Syawal 146 Hijriyah yang diumumkan pemerintah sama dengan yang ditetapkan Muhammadiyah. Dengan demikian tidak ada perbedaan perayaan idul fitri.

Muhammadiyah sendiri, menurut Din, sudah jauh-jauh hari mengumumkan 1 Syawal 1436 Hijriyah jatuh pada Jumat, 17 Juli 2015.

Sebagaimana diketahui, Muhammadiyah menetapan 1 Syawal dengan menggunakan hisab atau perhitungan. Sedangkan pemerintah, termasuk juga NU, menetapkan 1 Syawal dengan menggunakan dengan melihat bulan dan hisab.

Din mengharapkan agar ke depan umat Islam Indonesia, bahkan umat Islam dunia memiliki kalender Islam yang bersifat tahunan. Dengan kalender tahunan itu, kata Din, tidak akan ada lagi kontroversi dan perbedaan dalam penetapan 1 Ramadhan dan 1 Syawal.

"Penetapan 1 Syawal sudah waktunya kita semua memiliki kalender Islam yang bersifat tahunan dan terpenting bersifat global," ujar Din saat jumpa pers bersama Menteri Agama usai sidang isbat.

Usul Din disambut positif Ketua PBNU KH. Salahuddin Wahid atau Gus Solah. Gus Solah mengajak para pimpinan Ormas Islam bersama Kementerian Agama dan MUI duduk bersama dan membahas masalah kalender tahunan umat Islam.

"Mari kita duduk bersama membicarakan kalender tahunan umat Islam itu," ujar Gus Solah di Jombang yang dihubungi TeropongSenayan, Kamis (16/7/2015) malam.(yn)

tag: #din syamsuddin  #kalender islam  #gus solah  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ini Syarat Calon Independen Maju Pilgub DKI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 11 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menjelaskan syarat bakal calon independen yang hendak maju dalam Pilgub DKI Jakarta 2024. Salah satunya ialah menyerahkan formulir ...
Berita

Sudah Sejauh Mana Kasus Dugaan Korupsi Di Telkomsigma?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kasus dugaan korupsi proyek fiktif di anak usaha PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM), PT Sigma Cipta Caraka atau Telkomsigma periode 2017 - 2022 hingga kini belum ada kemajuan ...