Berita
Oleh Bara Ilyasa pada hari Minggu, 19 Jul 2015 - 22:14:36 WIB
Bagikan Berita ini :

Kantong Separatisme, Intelijen Mestinya Deteksi Insiden Tolikara

95IMG_20150719_113819.jpg
Suasana Kerusuhan di Karubaga, Tolikara, Papua, Jumat (17/7/2015) (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Anggota Komisi I DPR RI Ahmad Zainuddin menyesalkan terjadinya insiden Tolikara. Pasalnya, sebelum inisiden ada edaran yang bernada provokatif ditujukan kepada umat Islam agar tidak melakukan ibadah.

"Jika benar surat itu, seharusnya aparat dan intelijen sudah mengantisipasi," ujar Ahmad Zainuddin yang juga Anggota Tim Pengawas Intelijen di Jakarta, Minggu (19/7/2015). Dia berharap kelengahan ini tak terulang lagi.

Ahmad yang juga politisi PKS ini mengingatkan bahwa wilayah Papua merupakan kantong potensi gerakan separatisme. Sehingga aparat keamanan maupun Badan Intelijen Negara (BIN) seharusnya sensitif dan memberikan perhataian.

"Kejadian ini sebaiknya menjadi bahan dasar buat fungsi intelijen, khususnya Kepala BIN baru untuk merancang sistem intelijen yang lebih kokoh," kata Zainuddin. Sehingga sekecil apapun potensi kekerasan bisa dideteksi.

Zainuddin mengungkapkan peran intelijen dari lembaga kepolisian, TNI dan BIN di wilayah yang rentan dengan separatisme harus mendapat perhatian serius dari pemerintah. Sebab insiden kecil akan dibesar-besarkan menjadi sorotan dunia.

"Jangan sampai peristiwa serupa terulang lagi ke depannya di wilayah NKRI ini, khususnya di Papua. Karena banyak pihak asing yang berkepentingan terhadap separatisme dan sumber daya alam di Papua," kata Ahmad Zainuddin.

Zainuddin mendesak agar peristiwa itu diusut tuntas. Para pelaku dan aktor peristiwa ditindak sesuai hukum yang berlaku. Sementara para tokoh agama dan masyarakat di Papua kembali mempererat toleransi antar umat beragama.(ris)

tag: #tolikara  #ahmad zainudin  #papua  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...