Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Senin, 20 Jul 2015 - 14:08:09 WIB
Bagikan Berita ini :

Insiden Tolikara, Pengamat: Elitnya Tak Mengajarkan Berpolitik yang Benar

59Tolikara.jpg
Sejumlah bangunan dan masjid dibakar di Tolikara (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Pakar hukum tata negara Universitas Parahyangan, Asep Warlan Yusuf mengatakan, kejadian di Tolikara, Papua ada indikasi meniru para elit politik yang hingga kini selalu mementingkan egonya sendiri.

Tak heran, lanjut Asep, bila saat ini kalangan masyarakat menggunakan cara-cara yang arogan lantaran para elitnya juga tidak memakai cara yang bijak dalam menyelesaikan masalah.

"Bagi para elit politik sikap saling sikut menjadi sebuah kenikmatan tersendiri, tapi bagi masyarakat ini menjadi problematika besar. Dan jangan heran bila mereka memakai cara-cara seperti ini dalam menyelesaikan masalah, karena elitnya tidak mengajarkan berpolitik yang benar," kata Asep kepada TeropongSenayan, Jakarta, Senin (20/7/2015).

Selain itu, Asep juga menyebut kalau intelijen di Indonesia masih lemah dalam mengantisipasi insiden di Tolikara, Papua. Seharusnya, para intelijen bisa memberitahukan kepada pihak kepolisian dan Koramil setempat bila ada potensi kerusuhan.

"Peran intelijen kita masih lemah tidak memahami sistem disana (Papua) dan ini sudah kecolongan. Maka itu ke depan kepolisian dan koramil di Papua lebih baik menggandeng sosiologi dan ahli agama, untuk bisa membaca potensi kerusuhan," jelasnya.(yn)

tag: #insiden tolikara  #papua  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...