Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Kamis, 30 Jul 2015 - 11:46:35 WIB
Bagikan Berita ini :

Utang Indonesia Lampaui Batas Aman, Pengamat: Jokowi Hanya Bisa Pasrah

66Jokowi-tscom1.JPG
Presiden Joko Widodo (Sumber foto : Indra Kusuma/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Posisi Debt Service Ratio (DSR) atau rasio utang Indonesia di triwulan I 2015 sebesar 56,08 persen sudah mengkhawatirkan dan melampaui batas aman yang ditetapkan lembaga keuangan Dana Moneter Internasional (IMF) sebesar 30 persen.

"Dengan DSR yang semakin mengkhawatirkan dan sudah melampui batas aman standar IMF, maka pemerintah Jokowi seperti pasrah saja, tidak ada niat untuk perbaikan masalah ini," kata direktur Center for Budget Analysis (CBA) Uchok Sky Khadafi saat berbincanga dengan TeropongSenayan, Kamis (30/7/2015).

Lihat saja, lanjut Uchok, data yang dipublikasi di laman Bank Indonesia (BI), posisi DSR pada kuartal I 2015 naik menjadi sebesar 56,08 persen, bila dibanding kuartal IV 2014 sebesar 51,6 persen.

"Yang dilakukan pemerintah bukannya untuk mendorong ekspor, tapi malahan cari duit baru, utang baru untuk buka lubang tutup lubang. Akibatnya, investor atau negara donor sebagai peminjam, tidak ada yang mau karena takut pemerintah Jokowi tidak bisa bayar alias gagal bayar," tandasnya.

Menurut data di laman Bank Indonesia (BI), posisi DSR pada kuartal I 2015 sebesar 56,08 persen, naik dibanding kuartal IV 2014 sebesar 51,6 persen.(yn)

tag: #utang indonesia  #jokowi  #imf  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

I Nyoman Parta Desak Aparat Kepolisian Usut Tuntas Kasus Tewasnya Mahasiswa STIP

Oleh Fath
pada hari Sabtu, 04 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari daerah pemilihan Bali, I Nyoman Parta meminta aparat kepolisian mengusut tuntas tewasnya mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta, Putu ...
Berita

Ini Kata Anies Soal Beredar Partai Perubahan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anies Baswedan membantah adanya tawaran untuk pembuatan partai. Beredar di sosial media rencana pembentukan partai perubahan dengan logo burung hantu. Dari foto yang ...