Berita
Oleh Emka Abdullah pada hari Senin, 03 Agu 2015 - 22:01:20 WIB
Bagikan Berita ini :
Hidupkan Pasal Penghinaan Terhadap Presiden

Ketua Setara: Jokowi Tak Paham Ketatanegaraan Indonesia

57Hendardi-mulkan.jpg
Hendardi (Sumber foto : Mulkan Salmun/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Ketua Setara Institute Hendardi menilai, keinginan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk kembali menghidupkan pasal penghinaan terhadap presiden dan wakil presiden dalam revisi KUHP merupakan bentuk ketidakpatuhan Jokowi terhadap konstitusi.

"Pasal ini (penghinaan terhadap presiden) sudah dinyatakan inkonstitusional oleh MK (Mahkamah Konstitusi) pada Desember 2006, kok malah mau dihidupkan lagi," kata Hendari dalam pesan singkatnya kepada TeropongSenayan, Senin (3/8/2015).

Pasal tentang penghinaan terhadap presiden dan wakil presiden sudah dinyatakan inkonstitusional oleh MK pada Desember 2006 yang menyidangkan perkara nomor 013/PUU-IV/2006. Norma yang sudah dibatalkan MK dan tidak boleh lagi dipungut menjadi norma dalam sebuah UU baru.

Hendardi menegaskan, jika Presiden Jokowi memaksakan maka dapat dianggap sebagai penyelundupan hukum sekaligus pelanggaran terhadap konstitusi.

"Saya tegaskan sekali lagi, Presiden Jokowi menunjukkan ketidakpahamannya terhadap praktik ketatanegaraan Indonesia," pungkas Hendardi.

Sebagaimana diketahui, pemerintah bersama DPR RI sedang membahas revisi UU KUHP-KUHAP. Revisi ini merupakan inisiatif pemerintah. Karena itu wajar jika Presiden Jokowi dituduh ingin menghidupkan kembali pasal penghinaan terhadap Presiden dan Wakil Presiden melalui memomen revisi UU tersebut.(yn)

tag: #penghinaan presiden  #jokowi  #setara institute  #ruu kuhp  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement