Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Minggu, 23 Agu 2015 - 11:09:29 WIB
Bagikan Berita ini :

Banyak Persoalan, Anggaran BI Terancam Ditolak Komisi XI

21bank-indonesia.jpg
Gedung Bank Indonesia (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Anggaran Tahunan Bank Indonesia (ATBI) 2016 terancam bakal ditolak Komisi XI DPR. Pasalnya, banyaknya persoalan di internal BI menjadi alasan komisi keuangan DPR itu sulit menyetujui ATBI.

Hal itu ditegaskan anggota Komisi XI Mukhamad Misbakhun. Dia mencontohkan pelaksanaan operasi moneter yang dilakukan BI terkesan adanya konflik kepentingan yang menyebabkan bank sentral itu setengah hati mengamankan target nilai tukar yang diamanatkan UU APBN.

"Terkait pelaksanaan operasi moneter, saya akan upayakan agar Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengaudit secara khusus BI," kata Misbakhun, Minggu (23/8/2015).

Politisi Golkar ini membeberkan, permasalahan lain di BI adalah tidak jelasnya pihak-pihak yang terlibat dalam proses pencetakan uang. Lantaran selama ini DPR juga memperhatikan tentang sistem pembayaran di BI.

Selain itu, Misbakhun menduga adanya benturan kepentingan perusahaan di bawah Yayasan Bank Indonesia yang banyak melakukan kerjasama pengelolaan kegiatan bisnis proses di BI yang mempunyai orientasi keuntungan.

Faktor itu lah, lanjut Misbakhun yang menjadi perhatian Komisi XI untuk melakukan pendalaman dalam pembahasan ATBI 2016.

"Kalau BI tidak bisa menjelaskan banyak pertanyaan anggota Komisi XI terkait masalah yang sudah ditanyakan tersebut, maka bisa jadi ATBI 2016 sulit disetujui Komisi XI," ancam dia.(yn)

tag: #bank indonesia  #anggaran bi  #dpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement