Berita
Oleh Ahmad Hatim Benarfa pada hari Minggu, 30 Agu 2015 - 17:23:45 WIB
Bagikan Berita ini :
Krisis Ekonomi Berpotensi Merembet ke Politik

Indonesia Terancam Bisa Seperti Malaysia

16demo-malaysia.jpg
Ribuan warga Malaysia melakukan aksi unjuk rasa menuntut PM Malaysia Najib Razak untuk mundur dari jabatannya (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Mantan Menteri Keuangan Fuad Bawazier menilai lesunya ekonomi nasional saat ini cukup mengkhawatirkan. Karena itu, ia menyarankan agar pemerintah melakukan langkah antisipatif sebelum melahirkan keresahan yang membesar di masyarakat sebagaimana yang terjadi di Malaysia.

"Kalau tidak diantisipasi, bahaya," kata Fuad saat di wawancarai wartawan pada saat menghadiri diskusi Forum Senator untuk Rakyat (FSuR) di Kafe Dua Nyonya, Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (30/8/2015).

Sejauh ini, ungkap Fuad, situasi di Indonesia dengan Malaysia masih agak sedikit berbeda. Perbedaannya, lanjut Fuad, krisis di Indonesia hanya melingkupi aspek Ekonomi.

"Sedangkan di Malaysia seperti kita saat 98. Yaitu ada masalah ingin melengserkan pemimpinnya. Selain masalah ekonominya yang kena imbas global, ada masalah keinginan masyarakat untuk melengserkan Najib (Pemimpin Malaysia). Sama kayak kita 98 untuk melengserkan pak Harto," ungkapnya.

Kemungkinan perkembangan dari krisis ekonomi ke politik, kata Fuad, dapat diketahui dari berbagai indikator. Salah satunya, dapat dilihat dari fluktuasi kritik masyarakat yang kecewa terhadap pemerintah.

"Misalnya terjadi demo besar-besaran. Dan demo itu biasanya terjadi karena adanya PHK," sebutnya.(yn)

Diketahui, saat ini suhu politik di Malaysia sedang memanas, di mana ratusan ribu warga Negeri Jiran itu turun ke jalan menuntut agar Perdana Menteri Malaysia Najib Razak mundur dari jabatannya lantaran terlibat korupsi.

Najib Razak pun menyingkirkan orang-orang dekatnya yang berupaya bersebrangan dengan dirinya. Dia diketahui telah memecat Jaksa Agung, sejumlah menteri dan Wakil Perdana Menteri Muhyiddin Yasin.(yn)

tag: #krisis ekonomi  #jokowi  #demo malaysia  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...