Opini
Oleh Muchtar Effendi Harahap (Aktivis 78) pada hari Minggu, 30 Agu 2015 - 20:32:09 WIB
Bagikan Berita ini :

Skenario Jatuhnya Presiden Jokowi

11d763dca16f1445b106314c8e9cfb13b96371cf9b.jpg
Demo Buruh Saat May Day (Sumber foto : Istimewa)

Aksi-aksi demo yang mengusung kritik terhadap rezim Jokowi ke istana oleh masyarakat madani seperti buruh, mahasiswa, LSM dan ormas masih terus berlangsung. Aksi ini dapat memperkuat distrust atau delegitimasi politik terhadap pemerintahan Presiden Jokowi.

Ekspektasi publik dan respon pelaku pasar terhadap kebijakan Jokowi di bidang politik ekonomi kian merendah seiring krisis keuangan dan ekonomi. Krisis ekonomi yang kian meningkat eskalasinya pada gilirannya bisa menyebabkan pengangguran besar-besaran kelas menengah.

Kelas menengah perkotaan yang menganggur akibat PHK akan bergabung dengan para aktivis politik masyarakat madani. Secara bersama-sama mereka bergabung menggulirkan dan meningkatkan aksi-aksi demo mendesak Jokowi mundur dari jabatan Presiden.

Pada saat itulah parpol KMP mulai memberikan dukungan kepada gerakan kelas menengah perkotaan anti Jokowi ini. Tak hanya itu kekuatan korporasi mulai membantu pendanaan gerakan, dan TNI dan Polri pura-pura sibuk mengamankan aksi-aksi itu, sementara gerakan kian melebar dan meluas di seluruh Indonesia.

Aksi demo yang terus bergulir akan membentuk opini internasional bahwa Jokowi gagal dan tidak didukung rakyat. Opini dan pandangan ini membuat negara-negara Barat meminta dan memberi sinyal agar Jokowi mundur. Skenario berikutnya adalah desakan segera dilaksanakan pilpres.

Berdasarkan logika tersebut bisa disimpulkan bahwa aksi demo kritik Jokowi dapat mempengaruhi proses kejatuhan rezim yang dipimpinnya setelah melalui beberapa faktor. Faktor-faktor itu antara lain krisis ekonomi dan PHK kelas menengah yang diikuti oleh ketidakpercayaan atau deligitimasi atas kepemimpinan Jokowi.(*)

TeropongRakyat adalah media warga. Setiap opini/berita di TeropongRakyat menjadi tanggung jawab Penulis.

Disclaimer : Rubrik Opini adalah media masyarakat dalam menyampaikan tulisannya. Setiap Opini di kanal ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis dan teropongsenayan.com terbebas dari segala macam bentuk tuntutan. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai dengan undang-undang pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis Opini. Redaksi teropongsenayan.com akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang sebagai bagian dari hak jawab.

tag: #jokowi  #janji  #muchtar  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Opini Lainnya
Opini

Putusan MK dan Kejatuhan Joko Widodo

Oleh Muslim Arbi Direktur Gerakan Perubahan
pada hari Sabtu, 04 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Putusan MK dan Kejatuhan Joko Widodo adalah dua hal yang dapat di sebut sebagai sebab dan akibat. Putusan MK dalam gugatan Pilpres, akan menjadi sebab dan penyebab ...
Opini

Selalu Ada Harapan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tadi malam, aku tersenyum bercampur nyengir melihat video singkat yang menayangkan perkataan beberapa kawan, yang (katanya) mau memajukan peradaban. Tapi keinginan ini ...