Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Senin, 31 Agu 2015 - 14:52:45 WIB
Bagikan Berita ini :

Besok Demo, Buruh Menuntut Ini ke Pemerintah

33DEMO_MAYDAY_6.jpg
Demo buruh (Sumber foto : Indra Kusuma/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Kondisi perekonomian Indonesia yang makin terpuruk memberikan dampak terhadap kaum buruh. Tercatat beberapa perusahaan telah melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) lantaran tidak kunjung membaiknya kondisi saat ini.

Hal tersebut mendorong buruh untuk menyuarakan aspirasinya dengan melakukan demonstrasi besar-besaran. Sekjen Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) Arif Hidayatullah mengatakan, aksi yang dilakukan buruh besok, Selasa (1/9/2015) adalah langkah konkrit dalam menyikapi keadaan sosial-ekonomi-politik yang terjadi.

"Maka kami dari LMND yang tergabung dalam Gerakan Buruh Indonesia (GBI) mendukung sepenuhnya aksi buruh untuk memperjuangkan haknya. karna kami dari elemen mahasiswa menyadari dengan sadarnya dimasa depan kami lah generasi buruh itu," kata Arif pada pesan singkatnya yang diterima TeropongSenayan, Senin (31/8/2015).

Semua ini, lanjut Arif, bukan tanpa alasan, disamping keadaan ekonomi Indonesia yang masih mengandalkan investor asing, dirinya juga menyadari bahwa saat ini sedang bergulir pasar bebas yang menghajar batas-batas negara sehingga negara tidak lagi mempunyai kedaulatannya untuk melindungi rakyatnya.

Di lain hal, lanjut Arif, masih belum mampunya pemerintah dalam membenahi sistem pendidikan nasional sehingga SDM yang terlahir pun tidak akan mampu untuk persaingan global.

"Maka kami (LMND) mendukung tuntutan kawan-kawan buruh seperti hapuskan kepmenperin No. 466 thn 2014 tentang objek vital nasional sektor industri karena akan mempersempit gerakan buruh dalam memperjuangkan hak-haknya," jelas dia.

Ia pun meminta pemerintah untuk menghapus sistem outsourcing, menghentikan kriminalisasi terhadap gerakan buruh, turunkan tarif daftar listrik, naikan upah minimum setiap tahun dan tolak pelaksanaan penerapan kenaikan upah per 5 tahun.

"Tolak PHK massal, tolak pekerja asing, perbaiki sistem pelayanan BPJS kesehatan, revisi PP jaminan pensiun dan turunkan harga sembako. Semua tuntutan buruh itu LMND mendukung secara penuh," tandasnya.(yn)

tag: #demo buruh  #buruh  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Hak Jawab, Perihal Dugaan Pernikahan di Bawah Umur dengan Pendiri Ponpes di Kebagusan Jakarta

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 09 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemberitaan terkait rumor Pendiri Pondok Pesantren (Ponpes) di Kebagusan, Jakarta Selatan (Jaksel) Kiai Haji Abdurahman yang melakukan pernikahan di bawah tangan alias ...
Berita

Politikus PDIP Harap Indonesia Lolos Olimpiade 2024

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Timnas Indonesia U-23 akan melakoni pertarungan hidup dan mati dengan Timnas Guinea U-23 dalam babak play-off yang menentukan tiket terakhir ke Olimpiade Paris 2024, pada ...