Berita
Oleh Ahmad Hatim Benarfa pada hari Jumat, 02 Okt 2015 - 07:40:07 WIB
Bagikan Berita ini :

Indonesia Pilih China Garap Proyek Kereta Cepat

33kereta-cepat1.jpg
Kereta Cepat (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - China akhirnya terpilih untuk membangun proyek kereta cepat Jakarta – Bandung. Pemerintah beralasan kalau China lebih dipilih karena memenuhi tiga syarat utama dibanding negara pesaingnya, Jepang.

Adapun syarat utama yang diajukan pemerintah yakni pembiayaan tanpa jaminan, dilaksanakan melalui mekanisme business to bussiness, dan tidak menggunakan dana APBN.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengungkapkan bahwa pembiayaan oleh China akan dilakukan selama 40 tahun, 10 tahun di antaranya adalah grace period, dan 30 tahun pengembalian.

“Bunga dua persen. Ini dua persen fixed untuk 40 tahun untuk komponen dolar AS,” ungkap Rini usai menghadiri rapat kerja dengan Komisi VI, Kamis (1/10/2015).

Untuk total pinjaman yang diberikan oleh China adalah sebanyak 75 persen dari keseluruhan nilai proyek.

“Finalisasi total proyek masih tahap penyelesaian. Karena kami katakan kecepatan antara 250 sampai 300 km per jam. Karena proposal mereka 350. Jadi kami katakan mungkin cost bisa lebih,” kata Rini.

Sementara untuk besaran nilai total proyek yang sebelumnya disebutkan Rp 70 sampai 80 triliun. Targetnya, sebelum akhir tahun sudah akan dilakukan ground breaking.(yn)

tag: #kereta cepat  #china  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ridwan Tidak Buru-buru Buka Sekolah dan Pesantren, Mungkin Januari 2020

Oleh Rihad
pada hari Selasa, 02 Jun 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tidak buru-buru membuka sekolah dan pesantren di 15 wilayah zona biru. Berdasarkan wacana yang mengemuka, sekolah baru akan dibuka pada ...
Berita

Tak Edarkan Narkoba, Dwi Sasono Minta Rehabilitasi

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Tidak ada indikasi aktor Dwi Sasono alias DS terlibat dalam jaringan pengedar narkoba. Demikian hasil penyidikan  Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan. ...