Berita
Oleh Alfian Risfil pada hari Selasa, 13 Okt 2015 - 21:35:57 WIB
Bagikan Berita ini :

Diwarnai Aksi Bakar-bakaran, Ini Tuntutan Mahasiswa ke KPK

67Aksi-bakar-spanduk.jpg
Aksi Bakar Spanduk di Depan KPK (Sumber foto : Alfian Risfil/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Unjuk rasa mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Gerakan Nasional (Ganas) Indonesia di depan gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diwarnai aksi bakar-membakar.

Gerakan mahasiswa dari gabungan berbagai kampus di Jakarta itu membakar beberapa alat peraga atau spanduk bergambar RJ Lino dan Menteri BUMN Rini. Akibatnya, aksi tersebut sempat membuat arus lalu lintas di depan kantor KPK macet.

Mereka geram dan mendesak agar penegak hukum di Republik ini baik KPK maupun Polri segera membongkar dugaan konspirasi dan korupsi yang terjadi di PT Pelindo II Tanjung Priok.

Korlap aksi, Zamzam, meyakini ada peran Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam memberikan perlindungan terhadap Direktur PT Pelindo II, RJ Lino. Sehingga skandal tersebut memakan korban pencopotan mantan Kabareskrim Budi Waseso.

Selain itu, kaum terpelajar itu juga menuntut agar lembaga antirasuah itu ikut memeriksa keterlibatan Menteri BUMN Rini Soemarno dan Kepala Bappenas Sofyan Djalil.

"Kami mendukung penuh Mabes Polri dan KPK mengungkap konspirasi Pelindo gate yakni JK-Rini-Sofyan dan RJ Lino dan mengadili siapapun mereka yang terlibat," kata Zamzam di depan gedung KPK, Jakarta, Selasa (13/10/2015).

Zamzam juga mengaku muak dengan aksi teatrikal yang dipertontonkan RJ Lino saat pertama kali kantornya digeledah oleh Budi Waseso. Saat itu, RJ Lino dengan vulgar langsung menelpon Sofyan dan mengancam presiden untuk merespon gebrakan Budi Waseso yang dinilainya tak etis.

Berikut beberapa tuntutan para mahasiswa:
- RJ Lino tidak semena-mena melakukan PHK terhadap pekerja buruh.
- Batalkan perpanjangan kontrak Jakarta International Container Terminal (JICT),
- Hentikan outsourcing dan penghentian pemberangusan serikat pekerja. (mnx)

tag: #kasus Pelindo II  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement