Berita
Oleh Ilyas pada hari Jumat, 23 Okt 2015 - 14:21:40 WIB
Bagikan Berita ini :
Pesimis

Pemerintah: Tak Mungkin Bisa Padamkan Kebakaran Hutan Hingga Tiga Minggu Kedepan

78336532_620 (1).jpg
Luhut Panjaitan (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Menkopolhukam Luhut B Panjaitan menyatakan bahwa kebakaran hutan dan lahan bisa dipadamkan namun sulit tuntas dalam waktu dekat.

"Kami sudah paham masalahnya dan kami sudah ambil langkah-langkah. Meskipun ini bisa dipadamkan, saya ingin mengatakan tidak akan mungkin bisa dipadamkan dalam 1-3 minggu ke depan, karena kita nanti bersama-sama dengan hujan," ujar Luhut dalam konferensi pers usai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (23/10/2015).

Menurut Luhut, langkah-langkah yang akan diambil yaitu dengan menggunakan bahan kimia yang diangkut oleh pesawat besar seperti BE-200, sedangkan operasiwater bombingjuga sudah berjalan.

Hal ini juga disebabkan oleh fenomena alam el nino yang bisa saja terjadi berkepanjangan.

"Saya ingat bulan Februari lalu, kita masih dikatakan el nino tidak akan lama, tapi ternyata lebih lama dari apa yang kita bayangkan," ujar Luhut.

Kemudian Luhut menambahkan bahwa saat ini pihaknya sudah masuk ke operasi kemanusiaan untuk membantu warga yang terdampak dari kebakaran lahan dan hutan ini.

"Operasi kemanusiaan sudah semua siap, jadi kementerian-kementerian yang terkait dengan Inpres yang akan dikeluarkan, semua sudah tahu apa yang harus dilakukan, siapa berbuat apa semua sudah jelas. Presiden sudah perintahkango aheaddan kita sudah akan jalan mulai hari ini," kata Luhut.

Menurut Luhut, masalah kebakaran ini menyangkut lingkungan yang besar, oleh karena itu langkah-langkah yang diambil sebenarnya sampai pada tahapan seperti bencana nasional atau darurat nasional.

Untuk itu, Presiden sudah memerintahkan untuk melakukan pengkajian atas situasi tanggap bencana asap ini.

"Tapi apakah itu (darurat nasional) akan dilakukan atau tidak, tergantung nanti hasil pengkajian yang akan kami laporkan kepada presiden," ujar Luhut, dikutip laman Antara.

Luhut juga menambahkan bahwa tindakan yang sudah dilakukam pemerintah saat ini setingkat dengan penanganan darurat nasional.

Untuk mengakomodir para pengungsi, Luhut mengatakan pihaknya juga sudah menyiapkan enam kapal perang TNi dan kapal dari Pelni sebagai tempat pengungsian jika dibutuhkan.

"Kami sudah siapkan kapal perang maupun Pelni kalau diperlukan menjadi tempat pengungsian di daerah tertentu seperti di Sumatera," ujar Luhut.

Selain itu Luhut mengatakan bahwa pemerintah menanggapi masalah ini dengan serius dan telah memerintahkan semua para menteri yang hadir di sini untuk berbuat sesuai dengan apa yang sudah direncanakan.(iy).

tag: #kabut asap  #bencana asap  #kebakaran hutan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement