Berita
Oleh Ahmad Hatim Benarfa pada hari Sabtu, 24 Okt 2015 - 19:51:48 WIB
Bagikan Berita ini :

Ini Dia Modus Licik Pemilik Perusahaan-Perusahaan Pembakar Hutan di Indonesia

60MELAWAN KABUT ASAPoke.jpg
Melawan Asap (Sumber foto : Teropong Senanyan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Ketua Institut Hijau Chalid Muhammad mengungkap salah satu modus perusahaan-perusahaan yang selama ini beroperasi di kawasan hutan Indonesia adalah menutupi identitas mereka. Mereka lebih memilih menggunakan nama warga setempat sebagai pemilik.

“Katakanlah pendeta A, atau ustad B memiliki sawit 20 hektare, kalau di cek itu adalah bagian dari korporasi besar yang ada di sana. Modelnya seperti di plasma sebenarnya yang di kedepankan adalah penguasaan lahan yang sangat besar dan korporasi ini pintar sekali menyembunyikan siapa owner sesungguhnya. Kalau dibaca di atas kertas itu seolah-olah kepemilikannya terpisah antara-satu dengan yang lain," ungkapnya dalam diskusi yang bertema "Hentikan Indonesia jadi Tanah Asap Beta!" bertempat di GADO-GADO BOPLO, jl. Gereja Theresia No. 41, Menteng - Jakarta Pusat, Sabtu (24/10/2015).

Chalid memastikan penyebab utama kebakaran hutan secara dominan dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar. Mereka melakukan pembalakan dan pembakaran dengan tujuan alih fungsi lahan sesuai kepentingan bisnisnya.

Lebih lanjut Chalid mengatakan penyebab kebakaran hutan bukan dari masyarakat adat di sekitar hutan. Pasalnya, aktivitas pembakaran yang dilakukan oleh masyarakat adat relatif kecil dan tidak signifikan dalam menyebabkan kebakaran.

“Masyarakat membakar itu tidak sampai nol koma sekian persen. Jika kita bandingkan dengan titik api yang ada di wilayah kerja perusahaan perkebunan kelapa sawit dan lahan industri. Ini menunjukkan bahwa kebakaran itu masih terjadi di perusahaan dengan skala besar dan menengah,” tutupnya. (iy)

tag: #perusahaan pembakar hutan  #kabut asap  #kebakaran hutan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kondisi Anaknya Sungguh Tragis di Tangan Mantan Suaminya, Lisa Tak Kuasa Membendung Airmata

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 23 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ini adalah suatu kisah pilu yang dituturkan oleh seorang ibu kandung bernama Lisa yang memiliki seorang putri berinsial GI, dan GI adalah putri keduanya yang telah ...
Berita

Legislator Golkar Tegaskan Bangsa Indonesia Terus Dukung Kemerdekaan Palestina

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-- Anggota DPR RI Mukhtarudin mengatakan bahwa Indonesia tetap mendukung kemerdekaan Palestina, sesuai dengan politik luar negeri yang dianut Indonesia. "Posisi ...