Berita

Setahun Lagi Obama Pensiun, Kunjungan Jokowi Dinilai Sia-Sia

Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Selasa, 27 Okt 2015 - 15:19:52 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

57Hanafi Rais 002_1445266519362.jpg

Hanafi Rais (Sumber foto : Eko S Hilman/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Secara politik diplomasi, kunjungan Presiden Jokowi ke Amerika menurut Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Hanafie Rais tidak strategis atau sia-sia. Sebab setahun lagi Obama pensiun.

Terlebih lagi, menurut putra Amien Rais ini, di dalam negeri sedang terjadi bencana kabut asap yang makin pekat akibat kebakaran hutan hampir diseluruh daerah. Jokowi dinilai lebih baik fokus menangani asap.

"Kurang strategis berkunjung ke Amerika ditengah pemerintah Obama yang tinggal setahun lagi. Saya harap lebih baik fokus saja pada bencana asap," kata Hanafie Rais di Nusantara I DPR RI Jakarta, Selasa (27/10/2015).

Hanafie menyayangkan sikap pemerintah yang enggan mengumumkan nama-nama perusahaan pembakar hutan. Hanafie mendesak pemerintah agar membuka ke publik membeberkan perusahaan-perusahaan pembakar hutan Indonesia.

"Pemerintah harus mengumumkan para pemilik perusahaan pembakar hutan tersebut dan ini sudah masuk tragedi kemanusiaan," tandas dia. Tidak bisa membiarkan perusahaan yang berperilaku menyengsarakan masyarakat luas.

Lebih lanjut Hanafie mengatakan jika pemerintah tak berani umumkan perusahaan pembakar hutan, maka, pemerintah dianggap tak serius. "Kalau tidak menyebutkan nama perusahaannya berarti gak ada transparansi," pungkas dia.(ris)

tag: #hanafie  #jokowi  #obama  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement