Empat Pilar MPR Dinilai Lahir dari Semangat Sumpah Pemuda
Oleh Sahlan Ake pada hari Rabu, 28 Okt 2015 - 08:47:12 WIB

Bagikan Berita ini :

14sumpah-pemuda.jpg
Sumber foto : Istimewa
Ilustrasi

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Wakil Ketua MPR Oesman Sapta Odang berbicara tentang peringatan hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober.

Menurut Oesman, semangat Sumpah Pemuda mengiringi lahirnya Empat Pilar MPR RI yaitu Pancasila, UUD, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.  

Namun ia menyayangkan nilai-nilai Sumpah Pemuda mulai luntur dari kalangan anak muda masa kini, yang terpengaruh oleh budaya asing.

"Empat Pilar adalah komitmen Sumpah Pemuda pada tahun 1928. Jadi harus dibangkitkan kembali. Ini adalah kebangkitan dari Empat Pilar, terutama dalam Sumpah Pemuda," kata Oso, panggilan akrabnya di kompleks Parlemen Senayan, Rabu (28/10/2015).

Menurut Oso, semangat kebangkitan Sumpah Pemuda yang kala itu sebagai upaya dalam merebut kemerdekaan masih relevan hingga kini.

"Kalau semangat itu hilang, lunturlah bangsa ini," ucapnya.(yn)

tag: #sumpah pemuda  #empat pilar  #mpr  

Bagikan Berita ini :

Tanggapan Anda atas berita ini?
TSPOLING

Pembaca teropongsenayan.com yth.

Polemik Ratna Sarumpaet, dalam waktu sekejap, membuka mata-telinga dan mengejutkan banyak kalangan. Termasuk mata dan telinga para politisi.

Setelah polisi membuktikan kebohongan Ratna, dan yang bersangkutan juga mengaku berbohong, polemik pun semakin kencang. Di sisi lain, beberapa kalangan menengarai polemik kebohongan Ratna berimplikasi terhadap elektabilitas pasangan calon (paslon) peserta Pilpres 2019. Yakni Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Menurut Anda, seperti apa dampak dari implikasi tersebut:

  • 1. Berpengaruh positif terhadap Joko Widodo-Maruf Amin
  • 2. Berpengaruh positif terhadap Prabowo Subianto-Sandiaga Uno
  • 3. Tidak berpengaruh terhadap masing-masing paslon
LIHAT HASIL POLING
TSTRENDING