Berita
Oleh Ahmad Hatim Benarfa pada hari Kamis, 04 Feb 2016 - 10:07:38 WIB
Bagikan Berita ini :

Dewan Pers Akan Rilis Daftar Nama Media Bermasalah

72Journalist.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : istimewa)

SURABAYA (TEROPONGSENAYAN) - Dewan Pers segera mengeluarkan rapor media setelah selama ini melakukan uji kompetensi wartawan, kata anggota Dewan Pers Imam Wahyudi.

"Kami akan mengeluarkan rapor yang didasarkan pada peringkat pelanggaran," kata Imam Wahyudi di Surabaya, Rabu (3/2/2016) dalam diskusi bertajuk "Implementasi Kebebasan Pers untuk Kepentingan Publik" yang diikuti 20 pimpinan redaksi.

"Kalau pelanggarannya parah, seperti melanggar kode etik, kami bisa merekomendasikan bahwa media itu dinyatakan bukan lagi media," katanya.

Tahun lalu, pihaknya merekomendasikan enam media yang dinyatakan bukan media, di antaranya dua media dari Sumatera Utara dan dua media dari Kepulauan Riau.

"Pelanggaran terbanyak sebenarnya dilakukan media daring (online)," kata Wakil Ketua Komisi Pengaduan Dewan Pers itu.

Dalam diskusi sehari yang membahas model bisnis media, independensi media, dan media siber itu, sejumlah peserta mengakui berita kekerasan dengan "rating" tinggi justru menurunkan iklan.

Selain itu, peserta juga menilai lembaga rating perlu diwaspadai, karena data yang dipublikasikan sering meragukan, sebab data antarmedia berbeda.

Tidak hanya itu, peserta diskusi juga membahas tentang perkembangan media siber yang melahirkan masyarakat yang mampu membuat karya dengan standar jurnalistik, tapi dia tidak terikat media.

Namun, media siber juga melahirkan dampak negatif dengan lahirnya media siber dengan konten yang berideologi radikal dengan jumlah semakin banyak.

Peserta menilai hal itu tidak cukup dilawan dengan blokir, tapi perlu media siber tandingan yang meluruskan untuk mencerahkan masyarakat.

Selain itu, pengelola media siber yang bagus juga perlu dibina dengan pelatihan jurnalistik agar melahirkan informasi yang berkualitas, sekaligus dimanfaatkan untuk sumber informasi media. (Icl)

tag: #dewan-pers  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 26 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan ...
Berita

Ketua DPD PAN Ahmad Fauzi Nilai Zulkifli Hasan Layak Lanjutkan Ketum PAN

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua DPD PAN Kabupaten Labuhanbatu Utara sumut Ahmad Fauzi Syahputra menilai, Zulkifli Hasan layak dan pantas untuk kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum), PAN ...