Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Kamis, 19 Mei 2016 - 09:06:19 WIB
Bagikan Berita ini :

PKS Kawatir Kemenangan Fahri Mengancam Eksistensi Parpol

6tifatul.jpg
Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI Tifatul Sembiring (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) – Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI Tifatul Sembiring mengawatirkan penilaian konflik parpol sebagai perbuatan melawan hukum (PMH) dan diselesikan melalui pengadilan, akan mengancam eksistensi parpol.

Kekawatiran itu mengemuka setelah Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah memenangi gugatan terhadap beberapa elite PKS, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Dengan kemenangan ini, kedudukan Fahri sebagai kader PKS adalah tetap. DPP PKS tidak dapat melakukan keputusan pemecatan terhadap Fahri.

Menurut Tifatul, persoalan partai politikadalah ranahnya UU Parpol. Namun, kini terbungkam dengan adanya keputusan dari Pengadilan PMH.

"Oleh karena itu, kita akan mengajukan suatu tim kajian. Ini merupakan preseden yang tidak baik bagi seluruh partai politik, dan akan mengancam eksistensi seluruh partai politik," kata Tifatul kepada TeropongSenayan, di Jakarta, Kamis (19/5/2016).

Tim Kajian Hukum yang akan dibentuk oleh Fraksi PKS tersebut akan menelaah konflik parpol yang seharusnya didasarkan pada UU Parpol atau UU MD3 (MPR, DPR, DPD, dan DPRD).

Tentu saja, hal itu dilakukan setelah Pengadilan Negeri Jakarta Selatan mengabulkan gugatan Fahri Hamzah terkait putusan provisional, pasca pemecatan yang dilakukan oleh DPP PKS.

"Konflik ini, mestinya yang digunakan adalah UU Parpol atau UU MD3. Kalau prosedur melalui UU MD3, maka forum yang tepat adalah melalui paripurna, bukan pengadilan. Kajian hukum ini yang akan kita juga usulkan agar persoalan konflik ini juga diatur dalam UU MD3," jelasnya. (plt)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Surya Paloh Sambangi Prabowo Subianto di Kertanegara

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 25 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus presiden terpilih Prabowo Subianto menerima kunjungan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Keduanya melakukan pertemuan di kediaman ...
Berita

Ali Wongso: SOKSI Dukung Penuh Jokowi dan Gibran Berada di Partai Golkar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketum SOKSI ,Ir. Ali Wongso Sinaga mendukung penuh Pak Jokowi dan Pak Gibran berada di Partai Golkar. Hal ini sebagaimana pernyataan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto ...