Berita
Oleh Yunan Nasution pada hari Rabu, 31 Des 2014 - 14:56:28 WIB
Bagikan Berita ini :

Lima Tradisi Unik Perayaan Tahun Baru

85tahun baru di Jakarta.jpg
Perayaan tahun baru di Jakarta (Sumber foto : warkop07.blogspot.com)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -Secara umum, perayaan pergantian tahun dilakukan orang-orang dengan cara berkumpul bersama keluarga, kerabat atau teman di suatu tempat. Ada yang hanya berkumpul dan menyaksikan panggung hiburan hingga mengadakan acara makan-makan.

Namun di sebagian belahan negara lain, ada tradisi unik dalam merayakan tahun baru dan sudah dilakukan sejak puluhan bahkan ratusan tahun yang lalu.

1. Bikin Orang-orangan dari Jerami
Orang Ekuador memiliki tradisi unik dalam merayakan malam tahun baru. Tokoh-tokoh yang tidak disukai, seperti politisi yang dibenci dijadikan model orang-orangan dari jerami, kertas koran, pakaian usang, berikut topeng dari kertas. Sering pula orang-orangan tersebut diisi dengan kembang api. Selepas tengah malam, orang-orangan tersebut dibakar untuk melambangkan terhapusnya tahun yang lewat, dan datangnya tahun yang baru. Asal-usul tradisi ini tidak jelas. Kemungkinan tradisi ini dimulai setelah terjadi epidemi demam kuning yang menewaskan banyak orang. Mayat korban dimusnahkan dengan cara dibakar.

2. Memakai Baju Bermotif Bulat-bulat
Orang Filipina merayakan malam tahun baru dengan tradisi mengenakan baju bermotif bulat-bulat (polka dot), karena bentuk lingkaran dipercaya mendatangkan uang dan keberuntungan. Selain itu, tradisi mengguncang-guncang uang logam di dalam panci bertutup sambil berkeliling di dalam rumah, dan menghidangkan buah berbentuk bundar dipercaya mendatangkan keberuntungan.

3. Makan Buah Anggur 12 Biji
Orang Meksiko memakan 12 buah anggur satu per satu sambil mengikuti bunyi lonceng gereja yang dibunyikan menjelang pergantian tahun. Sebuah anggur dimakan sambil mengucapkan sebuah harapan pada tahun yang baru.

4. Memakai Pakaian Dalam Warna Merah
Orang Spanyol meyakini bahwa orang yang memakai pakaian dalam warna merah pada malam tahun baru dipercaya mendatangkan nasib baik.

Orang Spanyol juga memiliki tradisi memakan 12 buah anggur, satu per satu mengikuti bunyi lonceng jam. Tradisi memakan 12 buah anggur bermula dari tahun 1909. Pada waktu itu, petani anggur di Alicante membuat tradisi memakan anggur sebagai cara menghabiskan surplus produksi anggur mereka. Hingga sekarang, tradisi tersebut dipatuhi sebagian besar orang Spanyol, dan 12 buah anggur identik dengan tahun baru.

5. Terjaga Hingga Pagi Agar Rambut Tak Beruban
Orang Jepang memiliki tradisi menyambut tahun baru dengan istilah toshigami (dewa tahun baru) dengan cara tidak tidur hingga pagi hari. Orang yang lekas tertidur dipercaya rambutnya menjadi beruban.(Diolah dari berbagai sumber/yn)

tag: #Tahun Baru  #Kembang Api  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement