Berita
Oleh Atto Kuat pada hari Sabtu, 03 Sep 2016 - 10:00:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Presiden Cina Ingin Hubungan Kerja dengan Indonesia Semakin Luas

20jokowidancina.jpg
Presiden Joko Widodo dan Presiden Xi Jinping (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Presiden China Xi Jinping berharap hubungan serta kerja sama yang telah terjalin baik dengan Indonesia semakin erat dan luas pada masa-masa datang.

Hal tersebut disampaikan Xi saat menerima kunjungan kehormatan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Hangzhou, Cina, Jumat (2/8/2016)

Presiden Jokowi berada di Hangzhou untuk menghadiri pertemuan puncak ke-11 pemimpin negara kelompok 20 (G-20).

Presiden Xi mengatakan bahwa Indonesia dan China merupakan dua negara yang saling bertetangga baik.

"Indonesia dan China akan selalu menjadi tetangga, sekaligus mitra yang baik untuk membangun saling percaya serta memperkuat hubungan sebagai mitra strategis komprehensif," katanya.

Xi Jinping mengemukakan Indonesia dan China perlu memperkuat koordinasi dan kerja sama dalam memadukan visi jalur sutra maritime abad 21 dan poros maritim dunia, memperluas kerja sama di berbagai bidang seperti infrastruktur, investasi, perdagangan, keuangan dan lainnya.

Tak hanya itu, Presiden Xi juga ingin memperkuat hubungan dan kerja sama antarmasyarakat kedua negara melalui pertukaran kebudayaan, pendidikan, kesehatan, dan media.

Cina, tambah dia, akan mendukung ASEAN, termasuk komunitas ASEAN melalui konsultasi bersama Indonesia di berbagai forum internasional, untuk bersama-sama memajukan kepentingan negara-negara berkembang.

Dalam pertemuan tersebut Presiden Joko Widodo menyampaikan dukungan kepada Cina yang untuk kali pertama menjadi tuan rumah KTT G20.

Pada pertemuan tersebut Presiden Jokowi didampingi Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menko Maritim Luhut Pandjaitan, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita serta Kepala BKPM Thomas Trikasih Lembong. (icl/Antara)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...