Berita
Oleh Agus Eko Cahyono pada hari Jumat, 09 Jan 2015 - 06:52:28 WIB
Bagikan Berita ini :

Politik Balas Dendam Masih Mewarnai 2015

50maswadi.jpg
Maswadi Rauf (Sumber foto : Indra Kusuma)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -Elit politik harusnya menghilangkan gaya politik balas dendam. Pasalnya, gaya politik seperti itu, berpotensi mengancam keutuhan negara.

"Jika politik bercampur dengan dendam maka ke depan masalah negara akan semakin tidak terukur," kata pengamat politik Maswadi Rauf kepada TeropongSenayan di Jakarta, Jumat (9/1/2015).

Pengajar Ilmu Politik UI itu memprediksi situasi politik pada 2015 masih diwarnai banyak dendam antar politisi dan partai politik. Dampaknya, tidak hanya persaingan dan perseteruan antar partai sering terjadi tetapi juga di internal sehingga akan banyak perpecahan di internal partai.

"Lihat saja kondisi saat ini belum adanya penyelesaian yang nyata dari perselisihan yang terjadi di partai besar, membuktikan bahwa rasa dendam itu masih dominan. Akibatnya, ada perpecahan, tandingan, tidak mau menerima pendapat pihak lain dasn sebagainya," ujar dia.

Seharusnya, kata Maswadi lagi, perpecahan di internal partai politik bisa diselesaikan secara sehat untuk kepentingan yang lebih besar. "Politik balas dendam tidak akan ada habisnya dan hal itu berdampak pada kepentingan yang lebih besar lagi," tutur Maswadi.

Sebagai politisi, mengelola konflik itu harus tetap mengedepankan aspek rasional dan argumentatif. "Boleh berbeda pandangan, tapi tidak dengan cara bermusuhan satu dengan yang lain," ucapnya.

Maswadi berharap pada 2015 ini lebih banyak politisi yang bersikap profesional dan lapang dada jika menghadapi perbedaan pendapat. (ss)

tag: #politik  #2015  #dendam  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Dave Laksono Hadiri acara Digital and Intelligent APAC Congress 2024 Bangkok

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 02 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Di era baru yang terus berkembang, teknologi seperti Al dan Cloud mendorong batasan desain bisnis, meningkatkan produktivitas, dan mentransformasi model bisnis. Ketika ...
Berita

Bamsoet Ajak Pendukung Anies dan Gandjar Serta Seluruh Elemen Bangsa Perkuat Persatuan Indonesia

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengingatkan dalam waktu sekitar lima bulan ke depan, bangsa Indonesia akan dihadapkan pada ...