Bisnis
Oleh M Anwar pada hari Sabtu, 29 Okt 2016 - 20:20:03 WIB
Bagikan Berita ini :

Pertamax Turbo Kini Hadir di Jateng dan Yogyakarta

23images (10).jpg
Pertamax Turbo (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA- PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR IV) meluncurkan produk bahan bakar terbaru Pertamax Turbo untuk kendaraan kelas supercar dan berteknologi tinggi di DIY dan Jawa Tengah.

Setelah mulai dicoba dijual di wilayah Pertamina MOR IV pada akhir September lalu, bertempat di SPBU COCO Lempuyangan, Jumat (28/10/2016), Yogyakarta didaulat sebagai kota ketiga peluncuran produk terbaru Pertamina yang hadir menggantikan produk Pertamax Plus di pasaran. Sebelumnya, Pertamax Turbo terlebih dulu diluncurkan di Jakata dan Surabaya.

General Manager Pertamina MOR IV, Kusnendar, mengatakan, untuk tahap awal produk ini telah dijual di 38 SPBU di Wilayah DIY dan Jawa Tengah.

Di Yogyakarta sendiri, Pertamax Turbo telah hadir di SPBU 41.551.01 – Lempuyangan, SPBU 41.552.01 – Adi Sutjipto, dan SPBU 44.552.01 – Jalan Magelang. Pada masa awal peluncuran, produk ini dilepas ke pasaran dengan harga jual 8.800 rupiah per liter.

"Pertamax Turbo merupakan bahan bakar untuk kendaraan bermesin bensin yang merupakan hasil pengembangan dari produk Pertamax Plus yang memiliki Research Octane Number (RON) minimal 98 serta dilengkapi Ignition Boost Formula (IBF)," ujar Kusnendar.

Dia menambahkan, Pertamax Turbo merupakan BBM berkualitas tinggi yang diformulasikan Pertamina bekerja sama dengan Lamborghini dan telah diuji di kejuaraan Lamborghini Blancpain Supertrofeo Series di Eropa. Sebelum masuk di Indonesia, produk ini telah dijual di Eropa dengan harga 0,22 euro per liter, sedikit di bawah produk dari pesaing lainnya yang dijual seharga 0,25 euro per liter.

Digunakannya Pertamax Turbo dalam ajang balap bergengsi di Eropa, semakin membuktikan bahwa Pertamax Turbo telah diakui sebagai bahan bakar dengan performa yang sangat baik dan ramah lingkungan, karena bisa mengurangi emisi gas buang menjadi lebih baik.

Perkembangan teknologi mesin kendaraan yang semakin canggih seperti penggunaan supercharger, turbocharger menjadikan tekanan kompresi mesin kendaraan semakin tinggi, sehingga diperlukan bahan bakar dengan oktan yang lebih tinggi. Pertamax Turbo terbukti mampu memenuhi kebutuhan tersebut, karena memiliki keunggulan untuk meningkatkan driveability kendaraan sehingga lincah bermanuver, akselerasi mesin menjadi lebih bagus karena torsi yang dihasilkan lebih tinggi, meningkatkan kecepatan maksimal (top speed) kendaraan, meningkatkan tenaga mesin kendaraan dan menyempurnakan pembakaran bahan bakar pada mesin, sehingga cocok digunakan bagi kendaraan dengan perbandingan kompresi lebih dari 12.

"Jika di Eropa saja sudah diterima, kami optimistis masyarakat di Tanah Air juga bisa merasakan performa Pertamax Turbo sebagai salah satu produk unggulan karya anak bangsa dari kilang Pertamina," tutup Kusnendar.(ris/dbs)

tag: #bbm  #harga-bbm  #pt-pertamina  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement