Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Sabtu, 03 Des 2016 - 16:34:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Penangkapan Rachmawati Bukan Untuk Bungkam Aktivis

74RachmawatiSoekarnoputri.jpg
Rachmawati Soekarnoputri (Sumber foto : ist)


JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -Kabag Penum Mabes Polri Kombes Martinus Sitompul mengatakan penangkapan 10 aktivis,diantaranya Putri Presiden Pertama RI Sukarno, Rachmawati Soekarnoputri bukan upaya pembungkaman.

"Ini bukan upaya membungkam para aktivis. Dalam negara demokrasi upaya penyampaian pendapat jadi utama. Karena itu sebuah HAM dalam negara demokrasi," kata Martinus di Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (3/12/2016).

Menurutnya, kritik kebijakan tidak menjadi masalah, itu hal yang biasa di negara demokrasi.

"Ya kalau ada ajakan pemufakatan jahat harus kita cegah. Delik pasal 110 terkait 107, perencanaan saja bisa dipidana. Delik formil seperti itu, bukan delik materil terjadi," pungkasnya.

Sesuai surat penangkapan atas nama Rachmawati Soekarnoputri. Disebutkan dalam surat, Rachmawati diduga telah melakukan tindak pidana kejahatan terhadap keamanan negara/makar sebagaimana dimaksud dalam pasal 107 KUHP jo pasal 110 KUHP jo pasal 87 KUHP yang terjadi pada tanggal 1 Desember 2016 di Jakarta berdasarkan pada hasil gelar perkara tanggal 1 Desember 2016 dengan kecukupan alat bukti berupa: keterangan saksi, penyitaan barang bukti dan kesesuaian alat bukti, serta terpenuhinya unsur pasal yang dipersangkakan.(plt)

tag: #isu-makar  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 26 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan ...
Berita

Ketua DPD PAN Ahmad Fauzi Nilai Zulkifli Hasan Layak Lanjutkan Ketum PAN

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua DPD PAN Kabupaten Labuhanbatu Utara sumut Ahmad Fauzi Syahputra menilai, Zulkifli Hasan layak dan pantas untuk kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum), PAN ...