Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Rabu, 15 Mar 2017 - 13:09:27 WIB
Bagikan Berita ini :

Kapal Inggris Rusak Terumbu Karang Raja Ampat, DPR: Kita Panggil Pemerintah

79EdhyPrabowo(indra).JPG
Edhy Prabowo (Sumber foto : Dok/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Ketua Komisi IV DPR Edhy Prabowo mendesak pemerintah untuk meminta pertanggungjawaban pihak kapal pesiar Caledonian Sky asal Inggris, yang telah merusak terumbu karang alami seluas 1.600 meter persegi di Raja Ampat, Papua.

Menurutnya, pemerintah harus segera mengambil langkah tegas kepada pihak kapal pesiar tersebut. Padahal, kapal tersebut dilengkapi dengan radar dan instrumen navigasi canggih.

"Kita akan panggil pemerintah (Menteri Kelautan dan Perikanan) untuk rapat khusus membahas tentang persoalan ini. Karena kita lihat secara moral ini menyakiti hati bangsa kita," kata Edhy di gedung Nusantara II DPR, Jakarta, Rabu (15/3/2017).

Politisi Gerindra ini menambahkan, kejadian tersebut menjadi pelajaran berharga bagi semua pihak untuk selalu menjaga kelestarian laut Indonesia. Sebab, potensi bawah laut Raja Ampat selama ini telah menyumbang banyak bagi ekonomi Indonesia, khususnya dalam bidang pariwisata.

"Untuk masalah ini kita harus kerjasama dengan TNI AL dan Menteri Perhubungan. Saya yakin pemerinta sudah lakukan langkah-langkah, tapi saya akan lihat lebih detail lagi seperti apa," terangnya.

Diketahui, peristiwa kapal pesiar MV Caledonian Sky berpenumpang 102 orang menerabas terumbu karang di Raja Ampat itu terjadi pada 4 Maret 2017 lalu. Kapal hendak mengantarkan wisatawan melakukan pengamatan burung di Waigeo.

Entah apa penyebabnya, kapal itu terjebak di perairan dangkal. Tapi, boat menarik kapal itu pada saat air belum pasang sehingga merusak terumbu karang di bawahnya.

Catatan Pusat Penelitian Sumber Daya Laut Universitas Papua, kawasan terumbu karang yang rusak itu terdapat 8 genus terumbu karang. Di antaranya acropora, porites, montipora dan stylophora. Kini, kapal tersebut terpantau berada di perairan Filipina.(yn)

tag: #komisi-iv-dpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 26 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan ...
Berita

Ketua DPD PAN Ahmad Fauzi Nilai Zulkifli Hasan Layak Lanjutkan Ketum PAN

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua DPD PAN Kabupaten Labuhanbatu Utara sumut Ahmad Fauzi Syahputra menilai, Zulkifli Hasan layak dan pantas untuk kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum), PAN ...