Berita
Oleh Bara Ilyasa pada hari Sabtu, 18 Mar 2017 - 10:59:51 WIB
Bagikan Berita ini :

Korupsi e-KTP Dinilai Bikin Citra Parpol Buruk

77qodari1.jpg
M Qodari (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Pengamat Politik Indo Barometer Muhammad Qodari mengatakan, kasus korupsi e-KTP bisa membuat citra Parpol menjadi negatif di mata masyarakat.

Hal itu diungkapkan Qodari menanggapi dalam surat dakwaan terdakwa Irman dan Sugiharto, yang menyebut banyaknya kader partai politik diduga menerima aliran dana kasus korupsi e-KTP.

"Soal dampak politik, memang dari pengalaman bisa turun citranya karena kasus korupsi. Ada parpol yang mengalami penurunan citra, seperti Partai Demokrat dan PKS," ujar Qodari dalam diskusi dengan tema Perang Politik Kasus e-KTP, Jakarta, Sabtu (18/3/2017).

Ia menjelaskan, pada Pemilu tahun 2009 Partai Demokrat keluar sebagai partai politik pemenang. Namun, saat banyak kadernya terlibat kasus korupsi pada pemilu 2014 Partai Demokrat turun drastis.

Tetapi, katanya, kesolidan internal partai politik juga dapat mempengaruhi perolehan suara. Ia mencontohkan PKS pada Pemilu 2009 memperoleh suara 7 persen dan pada Pemilu 2014 tetap mendapatkan suara yang sama meski pimpinannya Luthfi Hasan Ishaaq saat itu terlibat kasus korupsi.

"Kesolidan internal partai politik dan positioning partai itu sendiri dalam mencitrakan dirinya kepada masyarakat, jika partai politik itu mencitrakan partai bersih tetapi melakukan korupsi akan hancur citranya," tandasnya.(yn)

tag: #dpr  #ektp  #korupsi-ektp  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...